Sabtu , 11 November 2017, 09:55 WIB

UMM Luncurkan Portal Desa Wisata Pogalan

Red: Esthi Maharani
Ist
Universitas Muhammadiyah Magelang.
Universitas Muhammadiyah Magelang.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Universitas Muhammadiyah Magelang meluncurkan website dan portal Desa Wisata Pogalan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, untuk memperkuat program promosi kepariwisataan kawasan tersebut. Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang yang juga ketua panitia kegiatan itu, Yun Arifatul Fatimah, dalam keterangan tertulis mengatakan kegiatan tersebut merupakan program Diseminasi Teknologi yang dilakukan UMM bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, serta Komisi VII DPR RI.

"Melalui program tersebut, UMM membantu memecahkan masalah masyarakat dalam mengembangkan sektor kepariwisataan di Kabupaten Magelang," katanya, Sabtu (11/11).

Peluncuran website dan portal Desa Pogalan tersebut bersama waktunya dengan peresmian Information Comunication and Technology (ICT) desa setempat. Masyarakat, katanya, bisa mengakses potensi Desa Wisata Pogalan di Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, di kawasan Gunung Merbabu itu, secara gratis melalui website pogalan.desa.id.

Ia mengatakan bahwa UMM juga melakukan pelatihan Bahasa Inggris dan pengelolaan bank sampah kepada masyarakat Desa Pogalan guna mewujudkan daerah setempat sebagai desa wisata yang bersih dan berkelanjutan.

"Harapannya Desa Pogalan mampu menjadi desa wisata yang mandiri, bersih, dan maju. Universitas Muhammadiyah Magelang siap untuk mendampingi Desa Pogalan menjadi desa wisata yang diharapkan," kata Yun.

Rektor UMM Eko Muh Widodo mengharapkan melalui program penelitian dan pengabdian tersebut, keberadaan perguruan tinggi yang dipimpinnya itu makin dapat dirasakan manfaatkan oleh masyarakat setempat. Selain itu, ujarnya, melalui website dan portal tersebut, Desa Pogalan makin dikenal masyarakat secara luas, baik di Indonesia maupun luar negeri. Sejumlah objek wisata desa di kawasan setempat, antara lain, Top Selfie dan Taman Wisata Grenden.

Sumber : Antara