Kamis , 09 November 2017, 17:39 WIB

Mahasiswa Geologi UGM Juara Masyarakat Geologi Ekonomi 2017

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Hazliansyah
Republika/Musiron
Kampus Universitas Gadjah Mada
Kampus Universitas Gadjah Mada

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih juara di ajang "The 9th Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia Geometallurgy Annual Convention 2017". Mereka menyabet juara dalam kategori Student Research Poster Contest.

Perlombaan diselenggarakan pada 30 Oktober sampai 2 November 2017 di Yogyakarta. Kelima mahasiswa yang merupakan tim dari Departemen Geologi Fakultas Teknik, berhasil mengalahkan puluhan tim dari seluruh Indonesia.

Kelima mahasiswa adalah Ahmad Faizal Amin, Eka Dharmayanti, Aldo Febriansyah Putra, Dwi Charisah Andriyani dan Pranayoga Pramumijoyo. Dalam kompetisi itu, mereka mengajukan penelitian soal struktur geologi di Kulon Progo.

Penekannya, berada di mineralisasi biji emas yang ditemukan. Tajuk yang diangkat merupakan Structural Style and It Control to Mineralization in Sangon Area, West Progo Mountains, Spescial District of Yogyakarta.

"Kami mengangkat penelitian mengenai struktur geologi yang berkembang dan mengontrol mineralisasi biji emas yang ditemukan di Sangon, Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo," kata Ahmad Faizal di Kampus UGM, Kamis (9/11).

Ia mengaku tidak menyangka dapat keluar sebagai juara dalam kompetisi tahunan tersebut. Terlebih, Faizal berpendapat topik penelitian yang mereka bawakan dirasa tergolong sederhana.

"Cukup terkejut saat terpilih sebagai juara utama mengingat topik penelitian kami termasuk sederhana, yang jelas senang dan bangga bisa menjadi juara dalam ajang bergengsi ini," ujar Faizal.

Kompetisi ini sendiri diikuti puluhan tim yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tim UGM berhasil mengungguli tim Institut Teknologi Bandung (ITB), dan disusul tim Universitas Sriwijaya.