Ahad , 05 November 2017, 19:21 WIB

Mahasiswa Untidar Kembangkan Prototipe Mobil Hemat Energi

Red: Yusuf Assidiq
Dokumen
Prototipe mobil Elang.
Prototipe mobil Elang.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Mahasiswa D3 Teknik Mesin Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah, berhasil mengembangkan prototipe mobil hemat energi yang diberi nama Electrical Lightweight Automobile Non Gasoline atau Elang. Proses pembuatannya dimulai sejak Februari lalu.

Prototipe mobil ini terus dikembangkan sampai akhirnya lolos untuk mengikuti Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) di Surabaya pada 7-11 November 2017 mendatang.

Ketua Tim Elang Untidar, Heru Sai Udin, menjelaskan Elang memiliki panjang 260 centimeter dan tinggi 70 cm. Mobil ini mengandalkan tenaga listrik dari empat accu yang dirangkai secara seri dengan total daya 48 volt.

“Sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya, Elang sudah kami upgrade di beberapa bagian disesuaikan dengan kualifikasi KMHE,” ujar Heru.

Menurutnya, Elang terbuat dari bahan besi galvanis dengan dimensi 3x6 dan tebal 1,4 mm. Kaca depan dan samping terbuat dari fiberglass di mana bahan ini bertujuan melindungi keselamatan pengemudi jika nantinya terjadi kecelakaan.

Berdasarkan hasil uji di jalan di area perkotaan dan GOR Dr Soebroto Magelang, ELANG dengan voltase 48 volt (empat accu) yang menggerakkan motor listrik berdaya 350 watt mampu melaju dengan kecepatan 35-50 kilometer per jam.

Sebelum mengikuti KMHE, mobil ini telah melalui beberapa tahap seleksi. Yang pertama adalah tahap seleksi proposal, tahap kedua tahap progress report di mana harus menyesuaikan mobil Elang sesuai dengan kriteria KMHE.

Misalnya daya, kecepatan, safety riding, dan harus memenuhi 90 persen dari keseluruhan standar. "Lolos tahap ini kemudian kami memasuki tahap ketiga yaitu tahap race di ITS,” jelas pendamping Tim Elang, Sigit Joko Purnomo, yang juga dosen D3 Teknik Mesin Untidar, dalam siaran pers.

Pada kesempatan ini, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) sebagai tuan rumah menyelenggarakan event ini di Sirkuit Kenjeran Park Surabaya dan Gedung Robotika, kampus ITS Sukolilo.

Elang Untidar akan bertanding bersama 80 tim lain yang berasal dari 43 perguruan tinggi se-Indonesia. Khusus untuk kategori Prototype – Electrical Vehicle, Elang akan bertanding dengan 17 tim.