Ahad , 22 Oktober 2017, 23:28 WIB

BEM Puluhan Kampus Latihan Kepemimpinan Bersama

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Karta Raharja Ucu
Dewi Mardiani/Republika
Mahasiswa kuliah/Ilustrasi
Mahasiswa kuliah/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Sekitar seratus perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sejumlah kampus mengadakan pelatihan kepemimpinan bersama. Mengangkat tema besar 'Kontribusi Membangun Indonesia Berkeadaban Mulia' pelatihan diselenggarakan di Universitas Gadjah Mada.

Ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah dilaksanakan untuk kesebelas kalinya, dan biasanya digelar dengan tajuk Pelatihan Pemimpin Bangsa. Tujuannya, demi mengembangkan jiwa kepemimpinan secara lebih optimal, sehingga berkapabilitas membuat Indonesia jadi bangsa yang sejahtera.
 
Karung Goni Learning Center dan Gerakan Sekolah Menyenangkan didaulat untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa-mahasiswi yang aktif berorganisasi tersebut. Peserta pun memakai almamaternya masing-masing, sehingga sangat menampilkan kesan persatuan dan kesatuan.
 
Oki selaku Ketua Panitia menerangkan, pelatihan yang telah dilaksanakan untuk kesebelas kali ini mulai 2007 memang ttelah merambah ke lingkup nasional. Hari ini, pelatihan dihadiri sekitar 100 peserta dari sekitar 25 kampus seluruh Indonesia.
 
Ia berharap, ada kesan bersama kalau ternyata Indonesia membutuhkan orang-orang yang bisa membuat bangsa ini ideal. Tujuannya, tentu untuk Indonesia yang lebih baik. Karenanya, sesuai tema, pesan yang ingin disampaikan jika Indonesia tengah mengalami krisis moral, dan krisis itu harus disembuhkan.
 
"Bagaimana kita memanusiakan Indonesia, memanusiakan alam Indonesia, jadi harus dipahami apa itu peradaban mulia," kata Oki.
 
Peserta pelatihan di antaranya berasal dari Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Sriwijaya, Universitas Pendidikan Indonesia, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Syiah Kuala, Universitas Bengkulu dan Universitas Negeri Makassar. Ada pula dari Universitas Negeri Semarang, Uniersitas Tadulako, Universitas Hasanuddin, Politeknik Negeri Semarang, UIN Sunan Ampel Surabaya, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Padang, Universitas Diponegoro, Universitas Sumatra Utara dan Politeknik Negeri Medan.
 
Selain itu, ada Sekolah Teknik-PLN Jakarta, Universitas Malukussaleh, Universitas Padjajaran, IAIN Purwokerto, STKIP Garut dan Universitas Jambi. Pelatihan dilaksanakan selama satu hari penuh di Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada.