Selasa , 17 October 2017, 16:45 WIB

Unhas Tambah 8 Orang Profesor Baru

Red: Andi Nur Aminah
Dok Unhas
Gedung Rektorat Universitas Hasanuddin, Makassar (ilustrasi)
Gedung Rektorat Universitas Hasanuddin, Makassar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Hasanuddin Makassar menambah lagi delapan orang guru besar (professor) baru, untuk periode Juni hingga Oktober 2017. Kedelapan orang guru besar baru tersebut adalah Prof Drs Haliah Imran, MSi Ak (Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Prof Dr Ir Onny S Sutresman (Teknik Mesin, Fakultas Teknik),  Prof Jeffry Kusuma, PhD (Matematika, Fakultas MIPA),  Prof Dr Mawardi MSi, SSi (Matematika, Fakultas MIPA), Prof Dr Ir Nasaruddin Salam, MT (Teknik Mesin, Fakultas Teknik).

Selanutnya, ada Prof Dr Rudi Djamaluddin, ST, M Eng (Teknik Sipil, Fakultas Teknik), Prof Dr Sukri, SKM, M Kes (Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat),  Prof Dr M Yusuf, S Pt, M Si (Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan).

Untuk selanjutnya, para guru besar baru Unhas akan mempersiapkan diri menyampaikan pidato pengukuhan dalam waktu yang akan ditentukan kemudian. "Sepanjang tahun 2017 (Januari – Oktober), Unhas telah menerima penambahan 16 orang guru besar baru. Dengan demikian, total jumlah guru besar Unhas kini berjumlah 290 orang dari total 1.780 dosen," ujar Kepala Unit Humas dan Protokol Universitas Hasanuddin Ishaq Rahman, dalam siaran persnya Selasa  (17/10).

Unhas terus mendorong dosen-dosennya yang telah bergelar doktor dan memiliki pangkat akademik lektor kepala dan telah memenuhi syarat administratif yang diperlukan untuk menjadi guru besar. Ishaq menyebutkan, jumlah besar merupakan poin yang bagus bagi kriteria peringkat perguruan tinggi menurut Kemenristekdikti.

Jabatan sebagai guru besar membuka peluang baru sekaligus mengandung tanggung jawab untuk berkarya bagi dosen yang bersangkutan. "Apalagi, kini Kemenristekdikti telah menetapkan standar kinerja dan menghasilkan karya bagi dosen-dosen dengan pangkat akademik guru besar," kata dia.