Senin , 09 Januari 2017, 18:56 WIB

Menristekdikti Dorong Fakultas Kedokteran Terima Mahasiswa Kurang Mampu

Red: Esthi Maharani
Beasiswa Bidik Misi
Beasiswa Bidik Misi

REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN -- Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan tetap mendorong fakultas kedokteran di Perguruan Tinggi Negeri, bisa menerima mahasiswa yang kurang mampu untuk mengenyam pendidikan di fakultas itu.

"Mahasiswa yang tergolong tidak mampu mengenai dana atau jalur bidik misi namun mempunyai prestasi yang membanggakan di sekolah agar dapat diberikan kesempatan menimba ilmu di kedokteran," kata Nasir, usai pembukaan Rumah Sakit (RS) Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan, Senin (9/1).

Mahasiswa yang mengalami kendala biaya pendidikan tersebut tetapi memiliki nilai akademik bagus haruslah dibantu oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

"Jangan ada mahasiswa yang memiliki otak cerdas, namun tidak bisa diterima kuliah di Fakultas Kedokteran. Hal tersebut harus menjadi perhatian di PTN," ujar Nasir.

Menristekdikti menyebutkan PTN juga harus mau menerima 20 persen mahasiswa yang kurang mampu untuk dapat kuliah. Selain itu, PTN juga diminta tidak tidak membebankan biaya yang terlalu tinggi pada mahasiswa. Bahkan, biaya uang kuliah di Fakultas Kedokteran di PTN juga tidak mahal.

"Tidak ada istilah biaya sekolah mahal di PTN karena biaya PTN tersebut, juga telah ditanggung oleh pemerintah," kata mantan Rektor Universitas Diponegoro (Undip).

Sumber : antara

Berita Terkait