Rabu , 07 March 2012, 09:24 WIB

Pendidikan di UMJ

Red: M Irwan Ariefyanto
umj
mahasiswa umj
mahasiswa umj

REPUBLIKA.CO.ID, Di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), UMJ adalah perguruan tinggi tertua. Berdiri sejak 18 Nopember 1955, kini UMJ memiliki 39 Program Studi (Prodi) yang tersebar di delapan Fakultas (FISIP, Hukum, Ekonomi, Teknik, Agama Islam, Pertanian, Kedokteran dan Kesehatan, Ilmu Pendidikan), delapan Magister (Ilmu Hukum, Studi Islam, Manajemen, Ilmu Administrasi, Akuntansi, Komunikasi, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan), dan Program Diploma 3 (Otomotif dan Alat Berat, Keperawatan dan Kebidanan).

Menurut Wakil Rektor I (Bidang Akademik, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) A Kahar Maranjaya, sebagian besar program studi tersebut telah terakreditasi dengan nilai yang cukup baik. Bahkan, cukup banyak program studi yang mendapatkan nilai akreditasi sangat baik (A). Kahar bertekad pada 2013 semua program studi di lingkungan UMJ sudah terakreditasi dengan nilai yang memuaskan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). “Pada tahun akademik 2011-2012, pengembangan bidang akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat harus diletakkan dalam kerangka pemenuhan Standar Nasional Pendidikan dan Standar Akreditasi Program Studi sebagai parameter untuk penilaian kelayakan program dan satuan pendidikan di lingkungan UMJ,” ujar Kahar.  

Saat ini UMJ memiliki dosen sebanyak 343 orang. Sebanyak 45 dosen tetap telah memiliki jenjang pendidikan doktor (S3) dan gelar akademik guru besar sebanyak 14 orang. Lebih dari 50 persen dosen UMJ bergelar master (S2) dan sebagian dari mereka kini sedang menyelesaikan program doktornya di berbagai bidang disiplin ilmu, baik di perguruan tinggi di dalam negeri maupun di luar negeri.

Dengan potensi tenaga kependidikan yang memadai tersebut, UMJ terus meningkatkan kualitas kegiatan belajar dan mengajarnya. Untuk memenuhi standar profesionalisme dosen yang ditetapkan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Kemendiknas,  UMJ menyertakan para dosennya untuk mengikuti program sertifikasi dosen. Sampai saat ini sudah cukup banyak dosen UMJ yang bersertifikat pendidik sebagai dosen profesional di bidangnya. “Sampai dengan tahun 2012, kami menargetkan seluruh dosen UMJ, khususnya  dosen tetap, yang memenuhi kualifikasi sudah lulus sertifikasi dosen,” kata Kahar.

Di bidang kemahasiswaan, mahasiswa UMJ cukup aktif dalam berbagai kegiatan yang edukatif dan konstruktif. Menurut Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) Ir. Sularno, MSi, cukup banyak mahasiswa UMJ yang berhasil meraih prestasi di tingkat nasional dalam berbagai event kemahasiswaan, seperti bidang olah raga, pencinta alam, debat mahasiswa maupun penelitian. “Pimpinan universitas memberikan dukungan penuh kepada para mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya di berbagai bidang,” ujar Sularno. Jumlah mahasiswa UMJ saat ini, menurut Sularno, sebanyak 11.300 mahasiswa, terdiri dari S1, S2 dan Program Diploma. “Mahasiswa S1 UMJ juga ada dari manca negara, seperti Suriah, Thailand, dan Somalia”, kata Sularno. (adv)


Universitas Muhammadiyah Jakarta

Sumber : umj