Senin , 02 Oktober 2017, 21:45 WIB

Dubes RI untuk Polandia Sampaikan Kuliah di IPB

Red: Irwan Kelana
Dok IPB
Dubes RI untuk Polandia Pieter F Gontha menyampaikan kuliah di hadapan mahasisswa Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB.
Dubes RI untuk Polandia Pieter F Gontha menyampaikan kuliah di hadapan mahasisswa Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR --  Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Polandia, Peter Frans Gontha, menyampaikan kuliah bagi mahasiswa Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Institut Pertanian Bogor (IPB). Ia mengangkat topik "Pembangunan Ekonomi dan Pertanian di Polandia".

Acara yang digelar di Ruang Sidang Rektor Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Jumat  (29/9) ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Kajian Strategis IPB, Prof Dr  Hermanto Siregar.

Dalam kuliahnya, ia menyampaikan potensi alam Polandia sebagai “the Heart of Europe”, sehingga menjadi entry point strategis perdagangan untuk pengembangan pasar di kawasan Eropa Tengah dan Timur. “Lahan pertanian Polandia seluas 18,72 juta hektar atau 60 persen dari total luas wilayah Polandia,” kata Pieter F Gontha dalam rilis IPB yang diterima Republika.co.id, Senin  (2/10).

Periode 2014-2020, Polandia penyerap dana bantuan pembangunan dari UE terbesar, yakni 105,8 milyar dolar. Sebagian besar dana tersebut dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur dan jaringan transportasi. “Polandia juga dikenal sebagai Lumbung Makanan Eropa,” tuturnya.

Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Kebijakan Pertanian, Direktorat Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian (KSKP) IPB, Dr  Abdjad Asih Nawangsih mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan terkait pembangunan ekonomi dan pertanian di Polandia. “Selain itu, juga diharapkan dapat memberikan informasi kepada staf pengajar maupun mahasiswa mengenai peluang melanjutkan studi S2 dan S3 di Polandia,” paparnya.