Senin , 02 Oktober 2017, 21:00 WIB

Civitas Akademika UIN Ar-Raniry Sumbang Muslim Rohingya

Red: Irwan Kelana
Dok UIN Ar-Raniry.
Penyerahan donasi untuk Muslim Rohingya dari Civitas Akademika UIN Ar-Raniry.
Penyerahan donasi untuk Muslim Rohingya dari Civitas Akademika UIN Ar-Raniry.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Pusat Studi Kebencanaan dan Penanggulangan Narkoba (PSKPN) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry dari civitas akademika UIN Ar-Raniry berhasil mengumpulkan donasi Rp 15 juta  untuk Muslim Rohingya.

Setelah terkumpul, donasi tahap ini langsung diserahkan  oleh  Ketua PSKPN, Drs Baharuddin AR, MSi kepada Koordinator Solidaritas Aceh untuk Rohingya (SAuR), Tgk H. Faisal Ali yang juga wakil ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Prov. Aceh.

"Ini merupakan donasi tahap pertama dan berasal dari civitas akademika. Sementara dari mahasiswa sedang berlangsung penggalangan dana. Insya Allah sampai tiga bulan ke depan kita akan buka posko UIN Ar-Raniry peduli Rohingya, " kata Baharuddin AR dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (2/10).

Bantuan ini, tambah Baharuddin,  merupakan bentuk partisipasi PSKPN atas penderitaan umat Islam Rohingya yang terusir dari negerinya,  Myanmar. Saat ini ratusan ribu Muslim Rohingya telah menjadi pengungsi di Bangladesh dan hidup dalam ketidakpastian.

SAuR yang dikoordinir oleh Tgk H Faisal Ali merupakan forum yang terbentuk sejak sebulan lalu.  Pembentukan SAuR dihadiri oleh puluhan ormas, Okp dan komunitas. Hingga saat ini SAuR terus bergerak mengumpulkan donasi dari masyarakat Aceh.

“Bantuan yang dihimpun oleh SAuR akan disalurkan ke pengungsi Rohingya di Bangladesh via organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang selama ini konsen pada gerakan kemanusiaan di berbagai belahan dunia,” kata Faisal Ali.