Sabtu , 30 September 2017, 17:25 WIB

Penyelesaian Gedung Mangkrak PTN Ditargetkan Kelar 2018

Red: Dwi Murdaningsih
Republika/Raisan Al Farisi
Menristekdikti, Mohamad Nasir.
Menristekdikti, Mohamad Nasir.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan penyelesaian gedung mangkrak di sejumlah perguruan tinggi di Tanah Air akan diselesaikan pada 2018. "Kami sudah ajukan ke Presiden Jokowi, nanti akan selesaikan melalui Inpres pada 2018 mendatang," ujar Nasir usai menghadiri jalan sehat dalam rangka Dies Natalies Universitas Mulawarman ke-55, Sabtu (30/9).

Dia menjelaskan hampir di setiap perguruan tinggi terdapat gedung mangkrak atau yang belum selesai. Total dana yang yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan gedung maupun rumah sakit pendidikan yang mangkrak tersebut mencapai Rp 9,7 triliun. Jumlah perguruan tinggi negeri (PTN) yang mempunyai gedung mangkrak tersebut sebanyak 122 PTN. Dari jumlah tersebut, sebanyak 36 diantaranya merupakan PTN baru. Nasir menyebutkan dua PTN baru tersebut yakni Universitas Singaperbangsa dan Siliwangi.

"Sedangkan untuk laboratorium dibutuhkan dana sekitar Rp 60 triliun lagi," kata dia.

Untuk di Universitas Mulawarman sendiri ada sebanyak 12 gedung mangkrak. Penyebab utamanya adalah kendala dana.
Sementara itu, Rektor Universitas Mulawarman, Prof Masjaya, mengatakan jumlah gedung mangkrak di universitas itu sebanyak 16 gedung namun yang sudah diselesaikan sebanyak empat gedung. "Jadi sekarang ada sisa 12 gedung lagi yang harus diselesaikan. Pembangunan gedung itu sangat dibutuhkan untuk proses pembelajaran," kata Masjaya.




Sumber : antara