Sabtu , 16 September 2017, 00:56 WIB

UHAMKA Siap Tindak Lanjuti Program KBRI London

Red: Winda Destiana Putri
dok.uhamka
uhamka universitas muhammadiah Prof Dr HAMKA
uhamka universitas muhammadiah Prof Dr HAMKA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rombongan perwakilan perguruan tinggi Muhammadiyah mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London, Inggris. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka melakukan kerjasama riset dan publikasi antara perguruan tinggi Muhammadiyah  dengan universitas di Inggris.

Wakil Rektor UHAMKA Profesor Gunawan Suryoputro mengatakan, pihaknya mendapat dukungan dari KBRI di London untuk melakukan kerjasama riset dan publikasi dengan universitas di Inggris. Ini merupakan hal positif yang perlu dilakukan.

"Kami akan memanfaatkan dan menindaklanjuti program-program yang ditawarkan KBRI London, Harper Adams University, dan Bradford University. Ini program yang baik," katanya dalam siaran persnya, Jumat (15/9).

Duta Besar RI untuk Inggris dan Irlandia Rizal Sukma mengatakan, pihaknya menyambut baik kunjungan perwakilan  perguruan tinggi Muhammadiyah. Ia berharap ada dampak positif bagi pendidikan tinggi di tanah air. Menurutnya, terdapat beberapa peluang untuk pengembangan riset melalui Newton Fund serta peluang lainnya. 

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI London Profesor Aminudin menambahkan, ia mendukung publikasi riset peneliti perguruan tinggi Muhammadiyah termasuk UHAMKA, dengan mitra bersama para peneliti Inggris.

Sebelumnya rombongan perwakilan perguruan tinggi Muhammadiyah diterima oleh Harper Adams University dan Bradford University. Harper Adams University merupakan universitas dengan kekhususan di bidang pertanian dan teknik pertanian.

Harper Adams University mengembangkan hands free agriculture. Yakni mengembangkan pertanian melalui pemanfaatan robot atau robotisasi pertanian.