Sabtu 16 Sep 2017 03:50 WIB

Wisuda ITS, 692 Wisudawan Berpredikat Cumlaude

Rep: BINTI SHOLIKAH/ Red: Winda Destiana Putri
wisuda ilustrasi
Foto: Tahta Aidila/Republika
wisuda ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya akan menggelar prosesi wisuda ke-116 di Graha 10 Nopember ITS dalam empat kali sesi, masing-masing pada 16-17 September dan 23-24 September 2017. Prosesi wisuda yang ke-116 kali ini, ITS akan meluluskan sebanyak 3.535 mahasiswa. 

Dari 3.535 wisudawan tersebut, sebanyak 692 orang atau 19,5 persen tercatat berpredikat lulus dengan pujian atau cumlaude. Dari jumlah wisudawan tersebut, terdapat 526 wisudawan yang berasal dari penerima Beasiswa Bidikmisi program S1 dan D3, di antaranya yang berpredikat cumlaude sebanyak 147 orang.

Wisudawan terbaik program Doktoral (S3) dengan masa studi enam semester dan IPK sempurna 4,00 diraih oleh Ratna Ika Putri dari Departemen Teknik Elektro), Anang Tjahyono dari Departemen Teknik Elektro dan I Gede Tunas dari Departemen Teknik Sipil. Kemudian, wisudawan terbaik Program Magister (S2) diraih oleh Muhammad Luthfi Setiarno Putera dari Program Studi Magister Statistika. Ia berhasil mendapat predikat cumlaude dengan masa studi tiga semester dan IPK 3,96.

Selanjutnya, wisudawan terbaik Program Sarjana (S1) diraih oleh Winny Margareta dari Program Studi Sarjana Teknik Kimia dengan predikat Cumlaude dan IPK 3,95. Pada program Diploma 4 (D4), gelar wisudawan terbaik jatuh pada Mutiara Ramadhyanita dari program studi Teknik Infrastruktur Sipil. Ia mendapat predikat cumlaude berkat raihan IPK 3.85 dalam masa studi enam semester.

Sedangkan pada jenjang Diploma 3 (D3), gelar wisudawan terbaik jatuh pada Harun Al Azies dari Program Studi Statistika Bisnis yang mampu lulus dengan IPK 3.85 dengan masa studi enam semester. Di samping itu juga terdapat mahasiswa Bidikmisi yang berhasil lulus dengan IPK 3.91 bernama Ahmad Kharis Nova Al Huda dari Departemen Teknik Kimia.

"Saya menyampaikan selamat dan sukses, semoga capaian ini membawa keberkahan bagi para wisudawan yang bersangkutan, serta mampu mengangkat harkat dan derajat seluruh keluarganya dan bangsa Indonesia," kata Rektor ITS Joni Hermana melalui siaran pers, Jumat (15/9).

Dalam wisuda kali ini, terdapat pula wisudawan tertua yang lulus dengan usia 58 tahun 7 bulan. Wisudawan bernama Djoko Irawan tersebut merupakan dosen Teknik Sipil ITS. Sedangkan wisudawan termuda bernama Muhammad Naufal Fatkhi Rofaudin yang berhasil lulus dengan usia 19 tahun 5 bulan berasal dari Program Studi D3 Teknik Kimia. Lulusan terbanyak kali ini berasal dari Departemen Teknik Elektro yang mencapai 241 wisudawan.

Selain itu, pada wisuda September 2017 ini, Rektor turut melepas tujuh orang wisudawan asing yang berasal dari negara Kamboja, Sierra Leone, Tunisia, Yaman, Thailand, dan Burundi. Wisudawan asing terbaik berpredikat cumlaude berasal dari Thailand dengan lama studi empat semester dan IPK 3,88 bernama Kholed Langsari, mahasiswa Program Studi S2 Teknik Informatika.

sumber : Center
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement