Kamis , 14 September 2017, 19:24 WIB

UMM dan Education USA Gelar Pameran Pendidikan

Red: Yusuf Assidiq
Dokumen
Pameran pendidikan dan beasiswa AS, di UMM Dome.
Pameran pendidikan dan beasiswa AS, di UMM Dome.

REPUBLIKA.CO.ID,  MALANG -- Berkuliah di Amerika Serikat (AS) menjadi pilihan menarik bagi banyak mahasiswa Indonesia. Hal itu membuat Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali bekerja sama dengan Education USA menggelar pameran pendidikan dan beasiswa AS, di UMM Dome, Kamis (14/9).

Sebelum pameran, acara dimulai dengan seminar tentang akses pendidikan ke AS. Pameran diikuti 15 universitas di AS dan sejumlah sejumlah lembaga pemberi beasiswa. Hadir membuka acara ini, Konsul Jenderal Amerika Serikat, Heather Variava.

Menurut Heather, dalam siaran pers, saat ini terdapat 9.000 mahasiswa di AS yang berasal dari Indonesia. Baginya, keberadaan mahasiswa Indonesia merupakan suatu kehormatan bagi AS. Para mahasiswa ini merupakan duta kebudayaan dan pendidikan bagi dua negara mengingat Indonesia dan AS merupakan negara yang memiliki banyak keragaman budaya.

Ini merupakan kali kedua Education USA mempercayakan UMM sebagai tempat pelaksanaan kegiatan pameran. Ia menuturkan, sebuah kebanggaan dapat berkolaborasi dengan UMM, kampus yang memiliki banyak prestasi internasional.

Kerja sama UMM dengan AS sejak lama telah terjalin karena UMM memiliki American Corner yang menjadi pusat informasi bagi mahasiswa UMM maupun warga Malang. UMM juga beberapa kali menjadi host dan pendamping bagi program pemerintah Amerika seperti Peace Corps dan US Army.

Sementara itu Wakil Rektor I Prof Dr Syamsul Arifin MSi menyatakan, kemitraan yang terus dibangun dengan AS menjadikan UMM sebagai pintu utama masyarakat luas, khususnya kota Malang untuk memperoleh informasi tentang pendidikan dan budaya Amerika.