Kamis , 14 September 2017, 18:51 WIB

'Perguruan Tinggi di Indonesia Harus Manfaatkan e-Library'

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Yudha Manggala P Putra
www.perpustakaan.kaltimprov.go.id
Seorang anak kecil sedang menggunakan fasilitas teknologi di sebuah perpustakaan. (ilustrasi)
Seorang anak kecil sedang menggunakan fasilitas teknologi di sebuah perpustakaan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan kembangkan e-library pada semua perguruan tinggi di Indonesia, agar lebih efektif.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI, Mohamad Nasir mengatakan perkembangan teknologi kini berkembang sangat pesat sehingga perlu adanya antisipasi perubahan yang mengikutinya. Dalam hal pengelolaan perguruan tinggi, kerja keras bersama sangat dibutuhkan agar dapat mencapai perguruan tinggi yang didambakan oleh masyarakat.

"Nantinya seluruh perguruan tinggi di Indonesia harus memanfaatkan e-library, tidak lagi perpustakaan biasa. Hal ini demi menghemat pembiayaan yang ada di masing-masing perguruan tinggi," papar Nasir dalam pelantikan empat pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Gedung D Kemenristekdikti, Kamis (14/9).

Lebih lanjut Nasir mengatakan, tidak perlu lagi perguruan tinggi berlangganan e-jurnal. Ia akan meminta langsung Telkom untuk pasang jaringan internet ke perguruan tinggi agar semua bisa memanfaatkannya.