Kamis , 14 September 2017, 18:20 WIB

UMY Gelar Konser Orkestra Bernuansa Religi

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Fernan Rahadi
Yusuf Assidiq
UMY
UMY

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pagelaran konser orkestra umumnya masih jarang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Event-event tingkat nasional maupun internasional di bidang akademiklah yang biasanya selalu diadakan oleh universitas. 

Melihat hal tersebut, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KAUMY) berinisiatif untuk menggelar event yang berbeda dari event-event yang sebelumnya sering diselenggarakan oleh UMY. Pada tahun 2017 ini tepatnya 21 September 2017 bertepatan dengan Tahun Baru Hijriyah 1439 H, UMY dan KAUMY akan menggelar konser orkestra bernuansa religi. 

Melalui konser religi orkestra ini, UMY mengajak pecinta musik, seni, masyarakat umum, warga Muhammadiyah, dan mahasiswa untuk ikut serta menikmati sajian musik-musik religi yang akan diiringi oleh instrumen orkestra. Event yang akan diselenggarakan oleh UMY kali ini terbilang unik, selain karena masih jarang diselenggarakan oleh sebuah universitas, konser orkestra ini juga kali pertamanya diadakan oleh UMY. 

Event ini juga menjadi sajian khusus bagi masyarakat Jogja, karena konser religi orkestra yang bertajuk "Simfoni Negeri Berkemajuan" ini akan mendatangkan artis Ibu Kota yakni Dwiki Dharmawan Orkestra, Fatin Shidqia Lubis, Ita Purnamasari dan Rafli Kande. Konser religi orkestra ini akan digelar di gedung Sportorium UMY yang bisa menampung hingga 3.000 orang lebih. 

Sri Atmaja P. Rosyidi, selaku ketua umum penyelenggara konser ini  mengatakan bahwa konser ini memiliki kelebihan yang disuguhkan diantaranyayakni mempunyai nuansa islami yang sangat kuat. Kemudian juga ada nilai atau value tersendiri dengan adanya konser tersebut. 

“Ini merupakan penyeimbang dari musik yang dijadikan sebuah media untuk memengaruhi masyarakat (terutama anak muda) ke arah yang kurang jelas. Maka dari itu kami mencoba untuk mengubah hal tersebut dengan menggunakan musik untuk mengajak kepada kebaikan serta akan disajikan suasana kerohanian yang tenang dan mempersatukan langkah progresif ke depan. Maka dari itu acara ini merupakan hal yang cukup menarik untuk dinikmati,” ujarnya, Kamis (14/9).