Selasa , 12 September 2017, 19:18 WIB

Mahasiswa UAD Ikuti Mimbar Pertunjukan Sastra 2017

Red: Yusuf Assidiq
Dokumen
UAD
UAD

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA --  Kegiatan Mimbar Pertunjukan Sastra 2017 telah memasuki tahun kedua. Pada penyelenggaraan kali ini, bakal ada tiga grup yang akan menyajikan sastra manca, salah satunya dari mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Adapun yang mewakili perguruan tinggi ini yakni kelompok mahasiswa Cina Sasindo UAD. Sedangkan grup lainnya yakni Regenboegen Sastra Jerman Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Savanna Sastra Inggris UMY.

Ketua pelaksana kegiatan, Harmono, menjelaskan Mimbar Pertunjukan Sastra 2017 bakal dihelat pada 15 September mendatang. Pada tahun lalu, kegiatan ini menampilkan pertunjukan sastra lima kelompok dari lima provinsi yaitu Daerah Khusus Aceh, Papua Barat, Kalimantan Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan DIY.

“Mimbar Pertunjukan Sastra 2017 merupakan bentuk apresiasi terhadap nilai luhur yang terkandung dalam khazanah sastra. Sastra dalam hal ini adalah sastra dalam artian luas, baik sastra Indonesia modern (termasuk sastra dunia) dan sastra daerah (Nusantara),” ujar dia, dalam siaran pers, Selasa (12/9).

Menurutnya, bentuk pertunjukan yang ditampilkan grup-grup tersebut akan bermacam-macam. Ada yang berbentuk dramatisasi, musik puisi, da nada pula yang menampilkan operet. Tema besar yang diangkat dalam acara ini yakni ‘Melintas Ruang Kemanusiaan: Sastra Dunia, Sastra Indonesia, Sastra Nusantara’.

Selain grup, imbuh dia, ada juga penampilan individu dari penyair-penyair yang tinggal di Yogyakarta. Para penyair tersebut yang berasal dari berbagai daerah akan membacakan karyanya dalam bahasa daerahnya masing-masing.

Beberapa penyair yang akan membacakan karyanya antara lain Iman Budhi Santosa yang akan membacakan karyanya dalam Bahasa Jawa dan Indonesia, Hamdy Salad akan membacakan syair-syair berbahasa Arab.

Kemudian, Indrian Koto yang akan membaca puisi berbahas Padang dan Indonesia, Mira Antigone yang akan membaca puisi berbahasa Bali, Bustan Basir Maras dari Mandar yang akan membaca puisi berbahasa Mandar, dan beberapa penyair lain.

Ia menambahkan, Mimbar Sastra pada tahun ini dikerjasamakan dengan RRI Yogyakarta dan akan dilaksanakan di kompleks RRI Yogyakarta (halaman RRI Pro 2) di Jalan Affandi, Demangan, Yogyakarta.