Ahad , 27 August 2017, 07:04 WIB

UII Gelar Job Fair Selama Dua Hari

Red: Fernan Rahadi
Nico Kurnia Jati
Para pengunjung memadati Job Fair UII yang digelar di Auditorium Kahar Mudzakkir, Sabtu (26/8).
Para pengunjung memadati Job Fair UII yang digelar di Auditorium Kahar Mudzakkir, Sabtu (26/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Islam Indonesia (UII) Career Center menggelar Job Fair di Auditorium Abdulkahar Mudzakkir UII, selama dua hari yakni Sabtu (26/8) dan Ahad (27/8). Acara yang menjadi agenda rutin tahunan tersebut merupakan salah satu upaya UII untuk menekan angka pengangguran.

Rektor UII, Nandang Sutrisno, dalam sambutannya mengungkapkan data ketenagakerjaan terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa jumlah pengangguran terbuka di Indonesia per Februari tahun 2017 masih cukup tinggi yaitu mencapai 7,01 juta orang atau sekitar 5,33 persen. ”Di DIY sendiri, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Februari 2017 mencapai 2,84 persen,” katanya saat membuka acara Job Fair, Sabtu (26/8).

Job Fair UII ini, kata Nandang, merupakan ikhtiar UII untuk membantu pemerintah menekan angka pengangguran. Selain itu, Job Fair ini juga merupakan sarana UII untuk menghubungkan para alumni UII dengan para mahasiswa UII.

Tingginya angka pengangguran yang terjadi di Indonesia selama ini, menurut Nandang, salah satunya juga disebabkan oleh kesenjangan informasi antara perusahaan pengguna dan pencari kerja. Hal ini di antaranya dapat terjadi karena kurangnya media penyampaian informasi kepada pencari kerja.

Oleh karena itu UII saat ini memiliki Graduway, sebuah sistem yang mampu menghubungkan para alumni UII dengan para mahasiswa UII yang terdapat pada situs alumniuii.net. Hingga saat ini, pengguna Graduway sudah mencapai sekitar 650 orang.

"Di sistem tersebut nantinya para alumni bisa memberikan kontribusinya kepada para mahasiswa UII, termasuk memberikan informasi lowongan seandainya perusahaan yang mereka tempati sekarang ingin merekrut tenaga kerja baru," kata Nandang.

Penyelenggaraan Job Fair UII menandai dibukanya rangkaian kegiatan UII Integrated Career Days (ICD) 2017 yang merupakan pekan karier terpadu yang menyajikan kegiatan-kegiatan untuk mendukung lulusan perguruan tinggi dalam meraih karier, seperti Career Seminar, Career Mentoring, Career Counseling, Campus Hiring, dan Job Fair.

Ketua Panitia UII ICD 2017, Baziedy Aditya Darmawan, mengatakan pelaksanaan Job Fair UII diikuti oleh perusahaan-perusahaan terkemuka, baik nasional dan multinasional di Indonesia. Ia mengatakan terdapat hampir 3.000 pendaftar Job Fair UII kali ini dan masih berpotensi untuk terus bertambah selama penyelenggaraan. Menurutnya, diperkirakan total pengunjung mencapai lebih dari 5.000 orang selama penyelenggaraan Job Fair.

”Job Fair tidak hanya diikuti oleh para pencari kerja saja, sebanyak 16 persen diantaranya merupakan mahasiswa yang ingin mengetahui requirements atau job specification yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam persiapan karier di masa mendatang," katanya.