Jumat , 25 Agustus 2017, 23:02 WIB

SGU Usung Program Pembentukan Karakter dalam PKKMB

Red: Hazliansyah
college times.
Swiss German University.
Swiss German University.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Swiss German University (SGU) mengangkat tema "Strong and United" dalam pelaksanaan Program Pengenalan Kehidupan Kampus (PKKMB). Program ini menitikberatkan pada pembentukan karakter dari para mahasiswa baru agar tidak hanya menjadi individu yang mandiri saja, tetapi juga peduli dan hormat terhadap sesama.

"Sebagai bagian dari generasi global, para mahasiswa baru akan menghadapi berbagai tantangan dan kesempatan yang dapat membuat mereka berjuang melampaui batas mereka," ujar Dr. rer. nat. Filiana Santoso, Rektor SGU dalam keterangan tertulis, Jumat (25/8).

Dalam rangkaian program PKKMB SGU tersebut terdapat beberapa materi yang diberikan kepada mahasiswa baru yang sesuai dengan Panduan Umum PKKMB yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti. Antara lain penyuluhan bahaya narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), seminar Bela Negara, seminar pengembangan karakter, upacara penaikan bendera dalam rangka perayaan HUT RI ke-72 serta tim building games untuk mempererat kekompakan dan persatuan antarmahasiswa.

Selain itu juga pengenalan akademik dan sistem pendidikan tinggi di Indonesia, pemahaman tentang kurikulum universitas, dan pemahaman kehidupan berbangsa dan bernegara serta pengenalan nilai budaya, tata krama, dan etika keilmuan.

"Melalui program PKKMB SGU, mahasiswa baru akan menjadi lebih kuat secara karakter dan semakin bersatu dengan teman mahasiswa lainnya dan mentor-mentor kehidupan," kata Filiana.

Seperti diketahui, PKKMB seringkali diidentifikasi dengan ajang perpeloncoan dari para senior yang mengandung unsur kekerasan fisik/psikis.

Untuk itu perguruan tinggi bertanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru dengan program yang dapat menanamkan pendidikan karakter kepada mahasiswa baru sehingga diharapkan mereka dapat dipersiapkan dengan karakter-karakter dasar yang fundamental untuk perjalanan studi mereka di perguruan tinggi.