Selasa , 22 August 2017, 14:55 WIB

Masuk 10 PT Terbaik, UNY Target Capai World Class University

Red: Yusuf Assidiq
Dokumen
UNY.
UNY.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, menyampaikan naiknya klaster UNY dari klaster kedua menjadi klaster pertama dalam klasterisasi perguruan tinggi Indonesia 2017, merupakan hasil kerja keras segenap sivitas akademika, sejak masih IKIP hingga sekarang.

“Klaster pertama dan masuknya UNY dalam 10 PT terbaik yang ada di jajaran klaster pertama ini merupakan tantangan sekaligus peluang untuk meneguhkan semangat kami menuju World Class University, sesuai target kami di 2019 untuk unggul di ASEAN, 2021 unggul di Asia, dan 2025 unggul di dunia sebagai Universitas Kependidikan,” jelas Sutrisna, dalam siaran pers, Senin (21/8).

Sebelumnya, tepat pada peringatan Kemerdekaan Indonesia tahun ini, Kementerian Riset dan Teknologi mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia 2017. Hasilnya, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil naik klaster.  

Jika pada 2016 lalu, UNY berada di klaster kedua, maka di 2017 ini, UNY naik peringkat menjadi perguruan tinggi yang berada di klaster pertama. Dalam siaran persnya di Serpong, Menristekdikti menyampaikan bahwa pemeringkatan PT sudah dilakukan sejak 2015.

Klasifikasi dan pemeringkatan bertujuan untuk perbaikan terus-menerus PT, dan menilai tingkat kesehatan organisasi PT di Indonesia. Di 2017 ini, dihasilkan lima klaster PT, dengan komposisi klaster 1 (14 PT), klaster 2 (78 PT), klaster 3 (691 PT), klaster 4 (1.989 PT), dan klaster 5 (290).

Di klaster pertama atau klaster terbaik ini, UNY berada di peringkat ke-10 dengan skor 2,86. Prestasi tidak hanya berupa naiknya klaster UNY menjadi klaster pertama,  melainkan juga berada di peringkat 10 perguruan terbaik untuk kategori perguruan tinggi non-politeknik. Pada 2016, UNY berada di peringkat ke-14.

Sementara itu, Wakil Rektor I UNY, Margana, menegaskan raihan ini harus dijadikan sebagai pemicu dan pemacu semangat bagi sivitas akademika untuk terus bekerja keras dalam menumbuhkan dan mengembangkan tradisi akademik (Tri Dharma PT) di UNY.

Ia meminta seluruh elemen, baik dosen, tenaga pendidikan, dan mahasiswa harus bahu membahu, bersinergi dan bekerja sama dalam rangka mewujudkan visi misi UNY menjadi universitas kependidikan kelas dunia.

“Jajaran I terus berupaya memfasilitasi aktivitas akademik yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa, utama di level internasional agar kualitas UNY terus meningkat,” ujar Margana.