Selasa 22 Aug 2017 08:26 WIB

Deddy Mizwar Minta Unpad Perkuat Jaringan Industri

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Dwi Murdaningsih
Kampus Unpad, Bandung
Kampus Unpad, Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar berharap, Universitas Padjadjaran (Unpad) dapat terus memperkuat perannya sebagai 'agent of economic development', dan 'enterpreneural university', untuk mendongrak daya saing teknologi, produktivitas tenaga kerja, dan inovasi. Apalagi ribuan mahasiswa diterima tiap tahunnya. Tahun ini, Unpad menerima sekitar 5.900 Mahasiswa Baru (Maba) tahun ajaran 2017/2018.

Deddy meminta Unpad memperkuat jaringan dengan industri. Sehingga antara kompetensi lulusan dengan kebutuhan dunia kerja dan dunia industri, serta tuntutan jaman pada program-program studi vokasional, sehingga tercipta para teknopreneur muda yang dapat bersaing secara global.

Hal ini disampaikannya, untuk mengejar ketertinggalan jumlah pengusaha Indonesia agar mencapai 4 persen dari jumlah penduduknya. Deddy juga mendorong UNPAD untuk lebih fokus pada upaya hilirisasi hasil riset dan inovasi dari para dosen dan mahasiswa.

"Juga penting, menghadirkan anak muda yang memiliki kemandirian untuk meninggalkan mind set 'job seeker' menjadi 'job creator," katanya dalam penerimaan mahasiswa baru Unpad, Senin (21/8).

Terlebih lagi, sambung Deddy, antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan UNPAD, sudah terjalin kerja sama penyelenggaraan Program Studi di Luar Kampus Utama yang berlokasi di Kabupaten Pangandaran, sebagai bagian dari komitmen untuk memberikan akses terhadap pendidikan tinggi yang memadai bagi putra-putri Jawa Barat.

"Hari ini merupakan momentum yang sangat membahagiakan tentunya, tidak saja bagi Civitas Akademika UNPAD, tetapi juga bagi Pemprov Jabar, karena pada hari ini anak- anak kita, generasi penerus masa depan bangsa telah resmi menjadi mahasiswa baru Tahun Akademik 2017/2018 Universitas Padjajaran," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement