Senin , 21 Agustus 2017, 14:21 WIB

Daftar Kuliah di Universitas Kirklareli Turki Tinggal 4 Hari

Red: Dwi Murdaningsih
Dok Kirklareli University
Kirklareli University.
Kirklareli University.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda berminat kuliah di Turki? Anda bisa mencoba di Universitas Kirklareli. Pendaftaran tahap kedua Kirklareli University sudah dibuka sejak awal Agustus. Pendaftaran dibuka tinggal 4 hari lagi yaitu hingga 25 Agustus 2017.

Seleksi nantinya hanya dilakukan berdasarkan nilai transkrip SMA atau sederajat, tidak ada tes tulis maupun wawancara. Ini adalah peluang kuliah ke Turki secara mudah dan dengan biaya yang terjangkau.
Kirklareli University adalah sebuah universitas negeri di Turki yang berada di Kota Kirklareli, sekitar tiga jam perjalanan dari Kota Istanbul.

Provinsi Kirklareli berbatasan langsung dengan negara Bulgaria. Kirklareli University didirikan pada 2007. Sebelumnya, universitas ini merupakan bagian dari Trakya University yang berada di Kota Edirne. Kirklareli University juga merupakan anggota dari Balkan Universities Network yang beranggotakan berbagai universitas dari 13 negara di Eropa.

Kirklareli University memiliki berbagai jurusan, di antaranya teknik elektro, teknik sipil, teknik arsitektur, teknik mesin, ekonomi, hubungan internasional, teknik makanan, teknik industri,ilahiyat, manajemen pariwisata, manajemen rekreasi, biologi,  ilmu pendidikan, fisika, kimia, dan pendidikan teknik, dan lainnya.

Jumlah mahasiswa Kirklareli University sekitar 27 ribu mahasiswa dengan 655 dosen atau pengajar dan 281 staf. Mahasiswa dan mahasiswi yang diterima akan tinggal di asrama universitas, di mana setiap kamar akan dihuni oleh empat orang.

Kesempatan kuliah di Kirklareli University Turki ini ada yang non beasiswa atau biaya mandiri. Mengingat Kirklareli Univeristy adalah universitas negeri, maka mendapatkan subsidi dari Pemerintah Turki sehingga biaya pun relatif terjangkau.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (21/8), biaya kuliah termahal adalah Fakultas Aristektur, Fakultas Teknologi, dan Fakultas Teknik, yaitu berkisar Rp 700 ribuan per semester. Biaya asrama sekitar Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta per bulan, sudah termasuk makan pagi dan makan malam serta laundry. Makan di kantin kampus sekitar Rp 5.000-an, dan kursus bahasa Turki (Tomer) sekitar Rp 3 jutaan per tahun.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta, yakni lulusan SMA/MA/SMK sederajat lulusan tahun 2014-2017, nilai rata-rata transkrip minimal 7, dan biaya pendaftaran Rp 1 juta. Info lengkap bisa diklik di www.belajarditurki.com atau bisa isi formulir pendaftaran melalui situs http://bit.ly/BelajardiKirklareli.