Senin , 21 August 2017, 07:49 WIB

2.300 Siswa itu Merasakan Sensasi Sehari Kuliah di IPB

Red: Irwan Kelana
Dok IPB
Suasana saat 2.300 siswa SMA se-Jadebotabek-Suci mengikuti satu hari kuliah di FMIPA IPB, Sabtu (19/8).
Suasana saat 2.300 siswa SMA se-Jadebotabek-Suci mengikuti satu hari kuliah di FMIPA IPB, Sabtu (19/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebanyak 2.300 siswa Sekolah Menegah Atas (SMA) se-Jakarta,  Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi, Sukabumi, dan Cianjur (Jabodetabek-Suci) berkesempatan merasakan satu hari kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (19/8).  Kegiatan  Sehari Kuliah di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB ini merupakah salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis  FMIPA IPB Ke-35.

Selama sehari penuh siswa diajak untuk mengenal perkulihan dan praktikum di berbagai program studi di FMIPA IPB. Tidak diduga-duga kegiatan ini mendapatkan sambutan luar biasa dari pihak sekolah di sekitar Jabodetabek.  Kegiatan ini dibatasi kuotanya hanya 2.000 siswa, tetapi yang mendaftar mencapai 9.000 siswa. Akhirnya setiap sekolah dibatasi kuota pesertanya yang dulunya 35 orang  menjadi 7 orang.

“Total peserta hari ini ada 2.300 siswa. Ada sekolah yang membawa siswanya hingga dua bis, padahal kuota per sekolah dibatasi tujuh orang. Akhirnya kami meminta bantuan Biro Hukum, Promosi dan Humas IPB untuk mengadakan campus tour bagi siswa tidak terdaftar dalam kegiatan tapi terlanjur datang ke lokasi,” ungkap Ketua Panitia Dr Ence Darmo Jaya Supeno dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Ahad (20/8).

Menurut Dr Ence,   kegiatan ini bertujuan utama untuk memberikan kesempatan dan gambaran langsung proses belajar mengajar di FMIPA IPB. “Banyak siswa yang masih menganggap kuliah di IPB terbatas pada budidaya pertanian. Melalui kegiatan ini siswa dapat mengenal bahwa bidang ilmu yang diajarkan adalah  pertanian dalam arti luas,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini selain siswa yang mendapatkan kuliah, FMIPA IPB juga menggelar kegiatan workshop setengah hari untuk para guru pendamping. “Kegiatan ini lebih fokus kepada pengenalan Fakultas FMIPA IPB secara lebih mendalam dan pemaparan sistematika seleksi masuk IPB,” tuturnya.

Terlihat sekali antusiasme dari para siswa saat proses belajar mengajar di kelas maupun praktikum. Siswa diberikan kesempatan untuk ikut minimal empat sesi kuliah dan praktikum. Setiap sesi terdiri dari kuliah dari tiap program studi di FMIPA IPB.

Terdapat Sembilan program studi yaitu: Statistika, Geofisika dan Meteorologi, Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, Ilmu Komputer, Biokimia, dan Aktuaria. Diharapkan dari kegiatan ini siswa yang berminat masuk FMIPA IPB tidak salah masuk departemen di IPB. Karena, menurut  Ence,  dari beberapa pengalaman banyak mahasiswa yang salah masuk departemen di FMIPA.
 
Saat proses belajar mengajar diketahui bahwa banyak siswa yang menganggap IPB hanya belajar pertanian dalam arti sempit. Berbagai pertanyaan seputar FMIPA IPB keluar dari siswa-siswa SMA yang mengikuti kegiatan tersebut. Beberapa siswa bahkan menyatakan  keinginannya masuk kuliah di FMIPA IPB.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat terjaring sumberdaya manusia berkualitas yang masuk ke FMIPA IPB. Bangsa kita kekurangan ilmuwan di bidang sains dan teknologi, sehingga kita bergantung kepada bangsa lain. Mulai dari sini, siswa yang benar-benar tertarik masuk IPB bisa kita arahkan untuk menjadi ilmuwan yang ikut membangun bangsa yang lebih baik," ungkap dosen Departemen Biologi, FMIPA IPB itu.