Kamis , 17 Agustus 2017, 18:16 WIB

ITS Terpilih sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di Jawa Timur

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih
ITS
Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember--ITS--, Surabaya
Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember--ITS--, Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mendapat apresiasi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) pada hari peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI, Kamis (17/8). Kemristekdikti telah mengumumkan Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia tahun 2017, dimana ITS berhasil meraih posisi lima besar pada Klaster 1 atau tertinggi di antara perguruan tinggi (PT) lain di Jawa Timur.

Dalam pemeringkatan yang terbagi dalam lima klaster tersebut, ITS meraih poin 3,23 dan menduduki peringkat kelima. Hal itu mengantarkan ITS masuk ke dalam klaster pertama Perguruan Tinggi Indonesia. Rektor ITS Joni Hermana mengatakan penilaian tersebut didasarkan atas empat aspek, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) dengan bobot 30 persen, Kelembagaan 28 persen, Kemahasiswaan 12 persen, dan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 30 persen.

Dalam aspek SDM, ITS menempati peringkat ke delapan. SDM yang dimaksud menitikberatkan pada persentase dosen S3, persentase dosen dalam jabatan lektor kepala dan guru besar.

Sedangkan aspek kelembagaan meliputi akreditasi Institusi, akreditasi program studi BAN-PT, jumlah program studi terakreditasi internasional, dan jumlah mahasiswa asing. Dalam hal ini ITS meraih peringkat ke lima.

Selanjutnya, aspek kemahasiswaan yang mendapat peringkat keempat meliputi kinerja kemahasiswaan. Aspek terakhir, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menitik beratkan pada kinerja penelitian, kinerja pengabdian kepada masyarakat, dan jumlah artikel ilmiah terindeks per jumlah dosen. Pada aspek ini ITS mendapat peringkat keenam.

"Tahun ini, ada beberapa perubahan terkait dengan klasteriasi ini seperti pembagian perguruan tinggi menjadi dua, yaitu politeknik dan non politeknik, perubahan indikator, dan perubahan bobot dalam beberapa komponen utama," ucap Joni melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id.

Peringkat ITS mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Setelah sebelumnya dikalahkan oleh Universitas Brawijaya (UB) Malang, kini ITS kembali pada peringkat kelima. “Hal ini mengantarkan ITS menjadi perguruan tinggi terbaik di Jawa Timur,” ujar Guru Besar Teknik Lingkungan ITS tersebut.

Joni mengucap syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam pencapaian ITS kali ini. Ia juga berpesan, prestasi ini merupakan amanah dan tantangan untuk mampu menunjukan ITS pantas untuk menyandang gelar sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik.