Sabtu , 12 August 2017, 08:45 WIB

IPB Raih Anugerah Kerja Sama Peneliti Asing Terbaik

Red: Irwan Kelana
Dok IPB
Para penerima Anugerah Iptek dan Inovasi Nasional 2017.
Para penerima Anugerah Iptek dan Inovasi Nasional 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerja Sama, Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof  Dr  Anas Miftah Fauzi menerima Anugerah Kerja Sama Peneliti Asing Terbaik untuk kategori Perguruan Tinggi yang diraih IPB  pada Malam Penganugerahan Iptek dan Inovasi di Makassar, Kamis  (10/8).  

Prof  Anas menyampaikan selamat untuk  IPB, seraya mengatakan semoga penghargaan ini  berkah dan dapat meningkatkan semangat para peneliti dan inovator IPB. Penghargaan yang sama juga diperoleh IPB dalam Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) 2016 di Solo.

Ia mengatakan, IPB akan terus berupaya menerapkan dan meningkatkan 'best practices' dalam membangun iklim akademik yang kondusif bagi peneliti dan inovator untuk berkarya secara produktif, serta dalam menjalin kerja sama riset dengan mitra peneliti internasional. "Kami juga mengucapkan selamat kepada para peneliti dan inovator, serta semua sivitas akademika IPB," ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (11/8).

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI setiap tahunnya melaksanakan peringatan Hakteknas, yang diantaranya diisi dengan pemberian Anugerah Iptek dan Inovasi Nasional.

Dalam siaran pers Kemenristekdikti disebutkan, malam penganugerahan Iptek dan Inovasi kali ini dilakukan di Universitas Negeri Makassar (UNM), Kamis (10/8). Acara dihadiri oleh Menristekdikti Mohamad Nasir, Rektor UNM Husain Syam, Para Kepala LPNK, Pejabat Eselon I dan II Kemenristekdikti.

Pemberian Anugerah Iptek dan Inovasi diberikan kepada seluruh insan Iptek yang sama-sama menggelorakan inovasi untuk membangun negeri. Selain itu, untuk membangun iklim kondusif penguatan inovasi dalam peningkatan nilai tambah ekonomi dan sosial-budaya secara berkelanjutan, dan memberikan dorongan kepada para pelaku inovasi Academician, Business, Government, Community (ABGC) dalam mendorong penguatan inovasi.

Penganugerahan Iptek dan Inovasi tersebut terdiri dari delapan kategori, yaitu Budhipura, Budhipraja, Widyapadhi, Prayogas Sala, Abyudaya, Adibrata, Labdha Kretya, dan Widya Kridha.

Selain Anugerah Iptek dan Inovasi, juga diserahkan penghargaan kepada para pemenang Dosen Terbaik, Standard Penjaminan Mutu Internal, HKI, dan Penulis Artikel dan Foto Terbaik.