Ahad , 30 July 2017, 05:53 WIB

Mufidah Jusuf Kalla Resmikan Florikultura Indonesia 2017

Red: Irwan Kelana
Dok IPB
Mufidah Kalla meresmikan Florikultura Indonesia 2017.
Mufidah Kalla meresmikan Florikultura Indonesia 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Istri Wakil Presiden Republik Indonesia, Mufidah Jusuf Kalla meresmikan Bursa Florikultura 2017 di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (29/7). Kegiatan yang mengangkat tema “Kebangkitan Florikultura” ini terselenggara berkat kerja sama antara Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Pertanian, Pemerintah Kota Bogor, dan Asosiasi Bunga Indonesia (Asbindo).

Dalam sambutannya  Mufidah menyampaikan, Indonesia mempunyai potensi yang besar di bidang florikultura."Salah satu peran florikultura Indonesia adalah membangun perekonomian bangsa," kata Mufidah dalam rilis IPB yang diterima Republika.co.id, Sabtu (29/7).

Mufidah Kalla berharap dengan adanya acara ini bidang florikultura semakin bangkit dan maju serta mampu bersaing di kancah internasional.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor IPB  Prof  Dr Ir  Herry Suhardiyanto mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mengekspos potensi industri florikultura, mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan yang dihadapi pelaku usaha, mengekspos penemuan mutakhir untuk memenuhi kebutuhan pengguna, dan membangun komunikasi  intensif antara berbagai pemangku kepentingan.

Selain itu,  menginisasi kerja sama, dan mendapatkan umpan balik dari berbagai pemangku florikultura. "Acara ini bertujuan  mempersingkat rantai pemasaran florikultura dan mengenalkan potensi florikultura Indonesia," kata Rektor IPB.

Setelah diresmikan Mufidah, acara dilanjutkan talkshow dari Asosiasi Bunga Indonesia (Asbindo) dan Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IBI), demo merangkai bunga serta lomba merangkai bunga. Acara yang terbuka untuk umum ini menghadirkan lebih dari seratus stand bursa pertanian yang terdiri atas petani dan pelaku usaha florikultura Indonesia.

Pembukaan Florikultura Indonesia 2017 dihadiri sejumlah tokoh. Termasuk Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Pada hari Ahad (30/7)) acara akan dilanjutkan dengan kegiatan pawai, workshop dan lomba memasak bunga. Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian IPB mengerahkan tim untuk mengawal kesuksesan acara ini mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan.