Rabu 26 Jul 2017 15:19 WIB

Mahasiswa Inovasikan Yogurt Temulawak Penambah Nafsu Makan

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Yogurt.
Foto: RocketNews24
Yogurt.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Mahasiswa Peminatan Bioteknologi Pangan Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (Ubaya) Ricky Nugraha Gunawan, menginovasikan temulawak sebagai campuran susu fermentasi atau yogurt. Inovasi yogurt temulawak tersebut diklaim bisa membantu meningkatkan nafsu makan anak-anak.

Ricky mengaku ingin membuat produk olahan yang menggunakan bahan-bahan khas Indonesia. Temulawak dipilih karena merupakan tumbuhan obat Indonesia yang dianggap kaya manfaat. Menurutnya, yogurt temulawak buatannya merupakan yang pertama di Surabaya. Ricky mengombinasikan warna dan rasa yang menarik, sehingga yogurt temulawak tersebut diminati oleh anak-anak.

"Pada umumnya, anak-anak mengalami susah makan, sehingga orang tua bisa memilih alternatif yogurt temulawak bagi anak-anaknya. Karena rasanya enak dan manfaat dari temulawak tetap ada," jelas mahasiswa 22 tahun tersebut melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Rabu (26/7).

Ricky menjelaskan, proses pembuatan yogurt temulawak dimulai dengan mencuci bersih temulawak kemudian dikupas dan dipotong-potong. Selanjutnya, merebus air hingga mendidih, kemudian temulawak yang sudah dipotong-potong dimasukkan ke dalamnya.

Perbandingan temulawak dan air sebesar 7:10. Proses merebus selama 5-10 menit sampai air rebusan temulawak menjadi warna kuning pekat. Kemudian air temulawak dipisahkan dengan potongan temulawaknya. Setelah itu, air temulawak tersebut dicampur dengan susu skim sebanyak 20 persen dan gula sebanyak 5 persen.

Berikutnya susu temulawak di pasteurisasi (sterilisasi) selama 15 menit pada suhu 80 derajat Celsius. Selanjutnya susu temulawak didinginkan kemudian di campurkan dengan starter yaitu bakteri Lactobacillus acidophilus dan Streptococcus thermophilus yang sudah dicampurkan ke dalam susu.

Langkah terakhir diinkubasi selama 20 jam pada suhu 37 derajat Celsius. "Yogurt temulawak ini sudah diuji kepada 30 orang dan mendapatkan respon yang positif," ucap Ricky.

Dosen pembimbing Bioteknologi Pangan Fakultas Teknobiologi,Tjandra Pantjajani, menyatakan inovasi yogurt temulawak tersebut memiliki manfaat ekstra. "Karena khasiat temulawak seperti menambah nafsu makan, mengatasi gangguan hati dan pencernaan jika dikonsumsi secara rutin ditambah dengan manfaat yogurt yaitu menambah bakteri baik dalam usus," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement