Jumat 07 Jul 2017 11:39 WIB

Hutan Indonesia Kaya akan Ratusan Spesies Tanaman Obat

Guru besar IPB ungkap potensi obat dari hutan.
Foto: Dok IPB
Guru besar IPB ungkap potensi obat dari hutan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR --  Masyarakat sekitar hutan memanfaatkan berbagai spesies tumbuhan dan hewan dari hutan untuk memelihara kesehatan dan pengobatan berbagai macam penyakit. Berbagai hasil penelitian etnobotani Indonesia yang dilakukan oleh Guru Besar Fakultas Kehutanan (Fahutan) Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof  Dr Ervizal A M Zuhud menyebutkan terdapat ratusan spesies tumbuhan obat yang digunakan berbagai etnis di Indonesia untuk mengobati penyakit.

Dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (6/7), guru besar yang aktif dipanggil Prof Amzu itu  menyebutkan,  78 spesies tumbuhan obat digunakan oleh 34 etnis untuk mengobati penyakit malaria, 133 spesies tumbuhan obat digunakan oleh 30 etnis untuk mengobati penyakit demam, 110 spesies tumbuhan obat digunakan oleh 30 etnis untuk mengobati penyakit gangguan pencernaan, dan 98 spesies tumbuhan obat digunakan oleh 27 etnis untuk mengobati penyakit kulit.

Secara umum dapat diketahui bahwa 82 persen dari total spesies tumbuhan obat hidup di ekosistem hutan tropika dataran rendah pada ketinggian di bawah seribu meter dari permukaan laut. “Umumnya setiap tipe ekosistem hutan mempunyai spesies tumbuhan spesifik yang mencirikan setiap tipe ekosistem tersebut,” ujarnya.

Prof Amzu mengemukakan,  dalam setiap unit kawasan taman nasional ditemukan berbagai spesies tumbuhan obat untuk mengobati 25 kelompok penyakit yang diderita masyarakat. “Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa di setiap kawasan taman nasional yang merupakan ekosistem hutan hujan tropika tersedia bahan baku obat untuk berbagai macam penyakit dan telah terbangun sistem pengetahuan lokal berupa etno-wanafarma (ethno-forest pharmacy) secara turun-temurun,” tuturnya.

Namun, kata Amzu, saat ini sangat dikhawatirkan telah terjadi kepunahan sebagian besar pengetahuan masyarakat lokal, karena terjadinya intervensi global yang tidak terkendali. “Potensi sumber obat yang dimiliki Indonesia ini sangat bernilai untuk mendukung kedaulatan Indonesia, karena dewasa ini masyarakat global sedang gencar mengkampanyekan back to nature. Trend tersebut menjadi peluang Indonesia untuk mengembangkan jamu dan produk obat tradisional lainnya yang dimiliki oleh bangsa ini,” paparnya.

 

Pada tahun 2000 nilai perdagangan obat herbal, suplemen makanan, nutraceutical dan produk alami lainnya di dunia mencapai 40 miliar dolar AS. Pada tahun 2002, jumlahnya meningkat menjadi 60 miliar dolar AS. Berdasarkan data tersebut diduga bahwa pada tahun 2050 angka tersebut dapat meningkat menjadi 5 triliun dolar dengan peningkatan 15 persen per tahun. Kenaikan nilai perdagangan ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan peningkatan nilai perdagangan obat konvensional modern yang hanya 3 persen per tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement