Rabu 18 Oct 2017 08:56 WIB

Mahasiswa Kedokteran UGM Juara Kompetisi Ilmiah

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Esthi Maharani
Kampus UGM
Kampus UGM

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Tim mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada sukses meraih juara satu dalam kompetisi karya ilmiah Scientific Project and Olymiad of Sriwijaya (Spora) 2017. Kompetisi digelar di Fakultas Kedokteran Unviersitas Sriwijaya, Palembang, 5-8 Oktober 2017 lalu.

Kompetisi tahunan tersebut diikuti ratusan peserta dari 16 Fakultas Kedokteran di berbagai wilayah Indonesia. Sejumlah kategori lomba dipertandingkan seperti poster publik, poster ilmiah, video edukasi, karya tulis ilmiah sampai medical competititon.

Dalam kompetisi tersebut, tim UGM yang beranggotakan Annisa Nurul Pratiwi Sudarmadi dan Lukuidita Yona Ramadini, berhasil menyabet juara satu dari kategori poster publik. Gelar juara diraih dengan mengajukan poster berjudul Lindungi Anak dari Diare dengan Pintar.

"Kompetisi berlangsung ketat sekali dan kami tidak menyangka bisa tembus menjadi finalis, bahkan menjadi juara satu," kata Annisa di Fakultas Kedokter UGM, Selasa (17/10).

Annisa menjelaskan, dalam lomba tersebut dia dan teman-temannya berusaha mengkampanyekan akan bahaya diare pada anak yang ditimbulkan oleh rotavirus dan upaya pencegahannya. Salah satu upaya pencegahan diare dapat dilakukan dengan pemberian vaksin rotavirus.

"Rotavirus merupakan penyebab utama diare pada anak dan dapat menyebabkan kematian," ujar Annisa.

Ia menambahkan, diare yang diakibatkan rotavirus tidak dapat dicegah hanya dengan menjaga kebersihan lingkungan. Pencegahan yang efektif dapat dilakukan secara komprehensif melalui program PINTAR yang mereka gagas. PINTAR merupakan akronim dari pemberian vaksin rotavirus, inisiatif menyiapkan bekal yang sheat, teratur memberikan ASI dan MPASi selama satu tahun pertama, anjurkan anak untuk membiasakan mencuci tangan, serta rutin kontrol ke dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement