Kamis 15 Jun 2017 17:55 WIB

Mahasiswa UGM Olah Biji Nangka Menjadi Mi Bergizi

Rep: RIZMA RIANDI/ Red: Esthi Maharani
Biji Nangka
Biji Nangka

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Nangka merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Buahnya banyak diolah menjadi sayur, campuran es, dan keripik. Namun ternyata biji nangka atau beton bisa diolah menjadi panganan yang lezat dan kaya gizi.

Beberapa mahasiswa UGM berhasil menyulap biji nangka menjadi mie yang dinamai Mie Beton. Mereka adalah Miftha Fachruri Rachmawati, Indah Kartika, Aulia Adzkia Fauzi, Miftha Hidayathurahma, dan Ira Mustika Dewi.

“Biji nangka atau beton ini belum banyak dimanfaatkan masyarakat. Padahal jumlahnya sangat melimpah,” ujar Miftha.

Ia mengatakan rata-rata setiap buah nangka berisi biji dengan berat sepertiga dari berat buah. Sedangkan sisanya adalah kulit dan daging. Sayangnya, pemanfaatan biji nangka masih belum optimal. Sebagian masyarakat baru memanfaatkannya dengan cara direbus untuk dimakan langsung.

Mereka pun berusaha membuat inovasi produk olahan mie biji nangka menjadi mie kering dan mie siap santap. Awalnya biji nangka diolah menjadi tepung untuk digunakan sebagai bahan pelengkap tepung terigu dalam pembuatan mie beton. Selain unik karena memanfaatkan biji nangka sebagai bahan baku mie, produk ini juga sarat gizi. Mie beton memiliki kandungan kalsium yang tinggi 145,747 ca (ppm). Kandungan kalsium lebih besar 43 persen dari produk mie kering pada umumnya.

“Tingginya kandungan kalsium yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi,” papar Ira.

Ia menambahkan mie beton dapat menjadi alternatif makanan sehat bagi masyarakat. Produk yang mereka kembangkan bebas pengawet sehingga konsumen tidak perlu khawatir. Karena mie ini aman dari zat-zat kimia berbahaya. Mie Beton juga baik dikonsumsi anak-anak usia enam sampai 11 tahun yang membutuhkan kalsium tinggi untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Sehingga mie ini akan menjadi solusi mie sehat kaya kalsium untuk tumbuh kembang anak.

Saat ini mie beton dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Mie kering kemasan 85 gram dibanderol dengan harga Rp 6.000 per pack. Produk ini dapat dipesan melalui official account line @fzp4025k.

sumber : Center
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement