Selasa 13 Jun 2017 22:00 WIB

Ini Enam Prodi UGM Paling Diminati Versi SBMPTN

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Ratna Puspita
Peserta mengerjakan soal ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). (Ilustrasi)
Foto: antara/hafidz mubarak a
Peserta mengerjakan soal ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Panitia Pusat SBMPTN telah mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2017, Selasa (13/6). Ada enam program studi dengan peminat terbanyak di Universitas Gajah Mada. 

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM Iwan Dwiprahasto menyampaikan enam program studi (prodi) itu terbagi pada dua bidang keilmuwan, yaitu untuk ilmu sains dan teknologi (saintek) dan ilmu sosial dan humaniora (soshum). 

Untuk saintek, tiga prodi yang paling diminati, yaitu, pendidikan dokter, farmasi, dan teknik sipil. Ilmu soshum juga memiliki tiga prodi favorit, yaitu ilmu hukum, psikologi, dan manajemen. 

“Untuk saintek peminat terbanyak pendidikan dokter dan bidang soshum ilmu Hukum,” kata Iwan.

Iwan menyatakan tahun ini ‎UGM menerima 2.735 calon mahasiswa Program Sarjana melalui jalur SBMPTN. Para calon mahasiswa tersebut terbagi dalam kelompok bidang Saintek sebanyak 1.931 dan kelompok bidang Soshum sebanyak 804. 

Ia menjelaskan, pelaksanaan SBMPTN 2017 telah digelar serentak 16 Mei lalu. Di Yogyakarta, pelaksanaan SBMPTN diikuti lima PTN, yaitu UGM, UNY, UPN, UIN Sunan Kalijaga, dan ISI di bawah koordinasi Panitia Lokal 46 Yogyakarta.

Total peserta ujian SBMPTN di Yogyakarta berjumlah 40.894 orang, dengan rincian 39.305 mengikuti Paper Based Testing (PBT) dan 1.590 yang mengikuti Computer Based Testing (CBT). “Informasi lengkap mengenai SBMPTN 2017 ini bisa diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id,” kata Iwan. 

Bagi mahasiswa yang diterima SBMPTN wajib melakukan registrasi dan mengunggah dokumen sebagaimana disyaratkan melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi mulai 15 Juni 2017 pukul 17.00 WIB sampai dengan 23 Juni 2017 pukul 16.00. 

Jika hingga 23 Juni pukul 16.00 calon mahasiswa tidak mengisi biodata dan mengunggah dokumen yang disyaratkan maka ia dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa.

Selain SBMPTN, UGM juga masih membuka pendaftaran untuk ujian tulis gelombang II. Pola ini bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA/MAK Tahun 2017, 2016, dan 2015 untuk mengikuti seleksi dengan memilih dua program studi pada Program Diploma Sekolah Vokasi.

Pembukaan pendaftaran secara online ujian tulis gelombang II akan dimulai pada 14 Juni sampai 4 Juli. Tes tertulis dilakukan pada 8 Juli 2017 dan hasilnya diumumkan pada 14 Juli 2017. (Rizma

sumber : Center
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement