Jumat 09 Jun 2017 16:43 WIB

UMS Masuk Jajaran Universitas Terbaik Dunia

Rep: Andrian Saputra/ Red: Yusuf Assidiq
Gedung Fakultas Hukum UMS.
Foto: Dokumen
Gedung Fakultas Hukum UMS.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jawa Tengah, masuk dalam jajaran universitas dan pergutuan tinggi terbaik dunia. Lembaga pemeringkatan universitas dan perguruan tinggi dunia Quacquarelly Symonds (QS) World University Ranking 2017/2018 pada Kamis (8/6) merilis perguruan tinggi terbaik dunia dan terbaik di masing-masing negara.

QS menempatkan UMS di ranking kedelapan dari sembilan universitas dan perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Sementara di kancah global, pemeringkatan yang dilakukan QS terhadap seribu perguruan tinggi di 84 negara itu menempatkan UMS di peringkat 800-an.

Sembilan universitas atau perguruan tinggi terbaik di Indonesia itu antara lain Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, Univeraitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan terakhir Universitas Brawijaya.

Kendati demikian, dari deretan universitas dan perguruan tinggi itu, UMS menjadi universitas swasta satu-satunya yang masuk World Class Rangking.  

Rektor UMS, Sofyan Anif, mengaku bangga atas prestasi tersebut. Menurutnya, pencapaian itu berkat kerja keras segenap civitas akademika UMS. Dikatakan, UMS memang tengah membidik untuk menjadi universitas kelas dunia melalui sejumlah program-program unggulannya.

“Masuknya UMS dalam pemeringkatan QS ini karena program-program internasional sudah kita buka semakin banyak, jangkauan negaranya kita kembangkan. Dulu fokus di double degree, sekarang berkembang pada mahasiswa, staff exchange, dan kolaborasi riset,” kata Sofyan, dalam jumpa pers di Gedung Induk Siti Walidah UMS, Jumat (9/6).

Selain itu, pihaknya juga menggencarkan pembangunan infrastruktur sehingga berhasil masuk dalam deretan universitas dunia. Ke depannya, jelas dia, UMS akan terus memperbaiki diri sehingga di tahun -tahun ke depan mampu merangsek naik dalam pemeringkatan universitas dan perguruan tinggi terbaik dunia.

Di antara strategi yang dipaparkan Sofyan adalah menerima lebih banyak pelajar asing untuk menimba ilmu di UMS. Saat ini, kata dia, terdapat sekitar 130 mahasiswa asing yang kuliah di UMS. Universitas ini juga tengah melebarkan sayapnya dengan menggandeng kampus-kampus top dunia dalam hal penelitian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement