Sabtu , 20 May 2017, 08:10 WIB

UI Terpilih sebagai Kampus Terkemuka Bidang Iptek

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Angga Indrawan
Universitas Indonesia
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Universitas Indonesia (UI) kembali menorehkan prestasi dan mendapatkan penghargaan khusus dari Islamic Development Bank (IDB). UI disebut sebagai kampus terkemuka dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) atau “Outstanding Scientific & Technological Contribution to Social & Economic Development” pada ajang IDB Prizes .

Rektor UI Profesor Anis mengatakan, UI menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang meraih penghargaan IDB Prizes pada tahun ini. UI bersanding dengan dua kampus dunia lainnya, seperti Universiti Teknologi, Malaysia dan University of Gezira, Sudan.

“Kami sangat bangga atas penghargaan ini,” ujar Anis dalam siaran pers, Jumat (19/5).

Pada ajang penghargaan tersebut, UI juga memperoleh hibah sebesar 100 ribu dolar AS dari IDB. Menurut Anis, hibah ini nantinya akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kapabilitas dan produktivitas serta inovasi di UI. Dengan demikian, diharapkan mampu memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat.

“Salah satunya melalui pengoptimalan Riset Kedokteran di Indonesia Medical Education and Research Institute (IMERI) UI serta pengembangan Indonesia Maritime Research Center (IMAREC) UI,” kata Anis.

IDB merupakan lembaga keuangan pembangunan multilateral yang memiliki misi utama pengentasan kemiskinan bagi negara-negara anggotanya. Salah satu upaya IDB untuk mengentaskan kemiskinan tersebut dengan mendorong inovasi atau kreasi dari individu atau lembaga penelitian di negara-negara anggotanya, termasuk Indonesia. Inovasi diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara IDB Prizes sendiri menjadi salah satu dukungan IDB untuk mewujudkan inovasi yang bermanfaat bagi pembangunan masyarakat serta bentuk kepedulian IDB pada pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). IDB Prizes terbagi dalam tiga kategori yaitu kontribusi wanita bagi pembangunan, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta ekonomi dan keuangan Islam.

IDB Prizes for Sciences and Technology telah diberikan sejak tahun 2002 dengan sejumlah negara penerima Hibah di antaranya Azerbaijan, Bangladesh, Iran, Kazakhstan, Kuwait, Malaysia, Moroko, Pakistan, Palestina, Senegal, Sudan, dan Turki.