Senin 15 May 2017 22:52 WIB

Unimal Dampingi Inovasi Energi Listrik dari Pohon Kedondong

Inovasi energi listrik dari pohon kedondong yang ditemukan Naufal Raziq, siswa MTsN Langsa Lama, Kota Langsa.
Foto: acehprov.go.id
Inovasi energi listrik dari pohon kedondong yang ditemukan Naufal Raziq, siswa MTsN Langsa Lama, Kota Langsa.

REPUBLIKA.CO.ID, LHOKSEUMAWE, ACEH -- Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe, Provinsi Aceh, ditunjuk melakukan pendampingan terhadap inovasi energi listrik dari pohon kedondong yang ditemukan Naufal Raziq, siswa MTsN Langsa Lama, Kota Langsa.

"Kami dipercayakan oleh Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), Ditjen Penguatan Inovasi, Kemenristekdikti untuk mendampingi Naufal Raziq," kata Pembina Inkubator Bisnis CDC Unimal, Ibrahim Qamarius di Lhokseumawe, Senin (15/5).

Dikatakan, begitu informasi inovasi energi listrik dari pohon kedondong (Spondias Dulcis Forst) mencuat, Direktur Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, Retno Sumekar langsung menghubungi dan mengundang agar hadir ke Jakarta untuk membicarakan pendampingan tentang penyempurnan inovasi bocah tersebut.

Sesuai hasil pembicaraan pada rapat dengan Tim PPBT di Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, pada Senin, untuk tahap awal Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Kemenristekdikti akan membantu inovasi Naufal melalui Program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) 2017.

Adapun pendampingan yang akan dilakukan meliputi penelitian penyempurnaan teknologi, sehingga menghasilkan inovasi yang ilmiah. Selain itu direncanakan pendampingan legalitas dan pengembangan kapasitas lainnya, jelas Ibrahim.

Pendampingan terhadap inovasi energi listrik itu temuan Naufal akan dipimpin oleh Dr Rozanna Dewi, ST MSc (Kepala Inkubator Bisnis CDC Unimal), dengan anggota Dr Daud Nurdin (Teknik Elektro), Dr Laila Nazirah (Agroekoteknologi), Ibrahim Qamarius dan Yusriadi (Ekonomi/Manajemen), dan Sofyan Jafar (Hukum).

Ibrahim juga menambahkan, sebelum rapat dengan Tim PPBT, pihak Unimal telah beberapa kali bertemu Naufal dan keluarganya untuk membicarakan tentang pendampingan, dimana keluarganya sangat senang dengan pendampingan tersebut.

Keluarga Naufal juga sudah membicarakan rencana pendampingan dari Unimal dengan PT Pertamina EP yang selama ini membina inovasi Naufal.

Sementara itu, Rektor Unimal Prof Dr Apridar, SE MSi menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Kemenristekdikti kepada Unimal untuk pendampingan Naufal Raziq.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement