Selasa 02 May 2017 18:03 WIB

Hardiknas di UMM Refleksikan Semangat Ki Hajar Dewantoro

Rep: Christiyaningsih/ Red: Yusuf Assidiq
Peringatan Hardiknas di UMM.
Foto: Dokumen
Peringatan Hardiknas di UMM.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei diperingati sejumlah kalangan di Tanah Air. Tak terkecuali civitas akademika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang menggelar upacara bertempat di hediped UMM, Selasa (2/5).

Mengangkat semangat Ki Hajar Dewantoro, inspektur upacara Hardiknas di UMM, Prof Syamsul Arifin, menekankan pentingnya pendidikan karakter. “Pendidikan tidak hanya sebatas kognitif saja, namun harus mencapai pendidikan hati dan membentuk karakter mahasiswa. Itulah yang diterapkan Ki Hajar Dewantoro,” kata Wakil Rektor I UMM itu.

Lebih lanjut, Syamsul mengajak seluruh mahasiswa, karyawan, dan dosen untuk merefleksikan makna hari pendidikan yang telah dibangun Ki Hajar Dewantoro itu. Setiap civitas akademika diharapkan dapat mengambil pelajaran tentang pendidikan karakter yang telah diajarkan oleh bapak pendidikan tersebut.

Dalam amanatnya, Syamsul juga menyatakan hingga saat ini UMM terus berkomitmen pada penguatan pendidikan nilai. “Adagium ing ngarso sung tulodo, ing madyo mbangun karso, tut wuri handayani masih menjadi patokan bagi dosen untuk memberikan pengajaran pada mahasiswa,” jelasnya, dalam siaran pers.

Menurut dia, ungkapan tersebut menuntut dosen untuk menjadi role model dan menerapkan kurikulum yang hidup dalam setiap pengajarannya. “Menjadi dosen bukan pilihan yang main-main, karenanya dosen bertanggungjawab atas terbentuk karakter pada mahasiswa,” katanya.

Dalam momen upacara Hardiknas ini, UMM juga memberikan apresiasi pada mahasiswa berprestasi, dosen berprestasi, ketua program studi berprestasi dan juga karyawan berprestasi. Prof Ishomuddin dari Program Studi Sosiologi menjadi dosen berprestasi dan Arlinda Silva Prameswari mahasiswa Fakultas Kedokteran dinobatkan sebagai mahasiswa berprestasi sekaligus menjadi juara 1 Mawapres tingkat Kopertis VII Jawa Timur.

Sedangkan untuk Ketua Program Studi (Kaprodi) terbaik diraih oleh Dr Asmah Hidayati yang menjabat sebagai Kaprodi Peternakan. Pada tingkatan karyawan berprestasi diraih oleh karyawan Pusat Layanan Psikologi (PLP) UMM, Ifatul Masbahah.  Apresiasi lainnya diberikan UMM kepada 48 dosen dan 22 karyawan yang telah mengabdikan dirinya untuk UMM selama 25 tahun atau lebih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement