Jumat , 21 April 2017, 18:27 WIB

Besok, UMS Lantik Rektor Baru

Rep: Andrian Saputra/ Red: Fernan Rahadi
ums.ac.id
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Universitas Muhammadiyah Surakarta

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO --- Universitas Muhammadiyah Surakarta  mempunyai rektor baru. Dia adalah Dr Sofyan Anif yang diplot menggantikan Prof Dr Bambang Setiaji. Sofyan menjabat sebagai rektor UMS untuk masa jabatan periode 2017-2021. Diagendakan, serah terima jabatan akan dilakukan di Gedung Muhammad Dzaman, UMS pada Sabtu (22/4) pagi. 

Untuk diketahui, Sofyan Anif mulanya merupakan Wakil Rektor IV UMS. Dirinya meraih skor tertinggi dalam pemilihan calon rektor UMS pada akhir tahun kemarin. Suaranya lebih tinggi dibanding Wakil Rektor II Dr Sarjito dan Drs Musyiam yang kala itu juga diusung sebagai calon rektor. 

Sementara itu, usai tak lagi menjabat sebagai rektor UMS, Bambang Setiadji diamanatkan Pengurus Pusat Muhammadiyah untuk menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Humas UMS, Budi Santoso menjelaskan Sofyan Anif memiliki sejumlah rekam jejak baik. Sofyan merupakan alumni Universitas Gajah Mada Yogyakarta (UGM). Sofyan juga mengambil S3 di UNNES Semarang.

Selain itu, dia menjelaskan Sofyan juga mempunyai banyak pengalaman di persyarikatan Muhammadiyah seperti Ketua Umum Hisbul Wathan Qobilah UMS, Ketua Umum PRM Pajang Utara, Ketua Majlis Tabligh dan Dakwah Khusus PDM Solo. 

"Serah jabatannya dari Prof Bambang kepada Dr Sofyan akan dilaksanakan besok di Gedung Muhammad Dzamman," kata Budi.