Kamis , 20 April 2017, 13:46 WIB

IPB Terima Bantuan Bus BBG

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Angga Indrawan
antara
Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB)
Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dalam rangka hari Bumi, perusahaan Sinar Mas menyerahkan bantuan melalui skema corporate social responsibility berupa 5 unit bis berbahan bakar gas pada Kamis (20/4). Hal tersebut diakui guna memperkuat fasilitas transportasi ramah lingkungan bagi civitas academica di lingkungan kampus.

“Dukungan ini kami harapkan dapat mendukung implementasi Green Campus yang sebelumnya dicanangkan IPB, di mana salah satu aspeknya adalah green transportation,” ujar Sulistiyanto, Managing Director Sinar Mas. Sebelumnya telah dilakukan penandatanganan berita acara serah terima bersama Rektor IPB.

Bantuan senilai Rp 5 miliar tersebut juga termasuk 7 unit verification gate system. Yaitu perangkat gerbang otomatis berisikan data kendaraan bermotor seluruh civitas academica IPB yang telah didaftarkan.

Perangkat gerbang otomatis tersebut sebagai garda terdepan dalam pembatasan pemakaian kendaraan pribadi di lingkungan Kampus IPB Dramaga. Sejumlah lokasi parkir telah disediakan, sementara para pemilik kendaraan yang mendapatkan smart card, diarahkan untuk menggunakan bis  yang tersebar melayani 5 koridor saat menjelajahi lingkungan kampus.

Pendekatan ini, selain mengurangi jejak karbon dari penggunaan kendaraan bermotor berbahan bakar fosil, juga membuat layanan transportasi semakin efisien karena tak diperlukan lagi adanya tiket dan penempatan petugas di tiap gerbang perlintasan. IPB memperhitungkan cara ini turut berkontribusi pada efisiensi senilai keseluruhan Rp 2,3 miliar per tahun dari penerapan green transportation.

“Sudah barang tentu ke depan kami menantikan terobosan ramah lingkungan lainnya, misalnya angkutan massal di kampus IPB yang menggunakan bahan bakar terbarukan biodiesel berbahan dasar sawit,” kata Sulistiyanto