Selasa 11 Apr 2017 22:31 WIB

Panlok SBMPTN Bandung Siapkan 45 Ribu Kursi

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Sejumlah peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengerjakan soal ujian tertulis di SMK Negeri 5 Jakarta, Selasa (12/6).
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengerjakan soal ujian tertulis di SMK Negeri 5 Jakarta, Selasa (12/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 di wilayah Panitia Lokal (Panlok) Bandung siap dilaksanakan. Total, ada kuota 45.735 kursi yang disiapkan untuk peserta SBMPTN.

Menurut Ketua Panlok 34 Bandung SBMPTN 2017, Arry Bainus, ada dua wilayah yang akan menggelar SBMPTN. Yakni, Bandung dan Tasikmalaya. Dalam SBMPTN, ada dua metode ujian yang diberlakukan yaitu ujian paper based testing (PBT) dan computer based testing (CBT).

"Untuk jumlah peserta SBMPTN dengan metode PBT kuotanya 43.600 orang dan metode CBT sebanyak 2.135 orang," ujar Arry kepada wartawan, Selasa (11/4).

Pelaksanaan SBMPTN 2017 Panlok Bandung, kata dia, berbeda bila dibandingkan tahun sebelumnya. Karena, dalam SBMPTN kali ini, total ada enam PTN yang tergabung. Yakni, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, Universitas Siliwangi (Unsil), dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI).

"Tahun lalu, hanya ada 5 PTN yang menyelenggarakan SBMPTN. Tahun ini, ditambah ISBI," katanya.

Namun, kata dia, tidak semua PTN itu menyelenggarakan SBMPTN dengan menggunakan metode CBT. Dari keenam PTN itu, ISBI yang tidak menyelenggarakan metode CBT.

"Untuk Panlok 34 Bandung, CBT diselenggarakan di Unpad, UPI, ITB, UIN, dan Unsil dengan menyediakan 2.135 kursi," katanya.

Pendaftaran calon peserta sendiri bisa dilakukan mulai hari ini hingga 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://www.sbmptn.ac.id. Segala ketentuan dan petunjuk pelaksanaan SBMPTN 2017 pun sudah tercantum di laman tersebut.

Sementara untuk mengetahui daya tampung masing-masing kampus, program studi, dan persyaratan khusus, bisa dilakukan dengan membuka laman masing-masing PTN.

Adapun untuk pelaksanaan ujian PBT dan CBT akan dgelar pada 16 Mei 2017. Pada 17-18 Mei 2017 digelar pelaksanaan ujian keterampilan. Sedangkan penumuman hasil ujian dilakukan 13 Juni 2017 pukul 17.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement