Jumat 07 Apr 2017 19:25 WIB

26 Mahasiswa UGM Lolos Olimpiade MIPA Nasional

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Fernan Rahadi
UGM
Foto: ugm.ac.id
UGM

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN – Sebanyak 26 mahasiswa Universits Gadjah Mada (UGM) berhasil lolos dalam Olimpiade Nasional MIPA (ON-MIPA) tingkat Nasional. Adapun ON-MIPA Nasional akan diselenggarakan pada 14 sampai 17 Mei di Semarang.

Ajang tersebut akan diikuti 256 peserta mahasiswa dari 14 wilayah yang terbagi dalam empat bidang, yakni matematika, kimia, fisika, dan biologi. Kasubdit Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM, Ahmad Agus Setiawan mengatakan, mahasiswa UGM yang berhasil terpilih melaju ke nasional telah melewati seleksi tingkat regional kopertis wilayah V di Museum Diponegoro Yogyakarta pada 22 sampai 23 Maret lalu. 

Dalam seleksi tingkat regional, UGM mengirimkan 28 mahasiswa terbaiknya yang diperoleh dari seleksi di tingkat universitas untuk mengikuti seleksi empat bidang. Adapun delegasi UGM yang berhasil lolos ke babak nasional terdiri dari enam mahasiswa bidang biologi, lima mahasiswa bidang fisika, enam mahasiswa bidang kimia, dan tujuh mahasiswa bidang matematika. 

Ditambah dengan dua mahasiswa yang berlomba di bidang biologi dan kimia memperoleh medali perak pada seleksi OSN Pertamina. “Dengan formasi ini diharapkan mereka bisa meraih hasil maksimal di tingkat nasional nanti,” tutur Agus, Jumat (7/4).

Menghadapi kompetisi pada tingkat nasional mendatang, Tim UGM telah menyiapkan sejumlah strategi. Salah satunya dengan memberikan pembinaan dan pelatihan yang intensif. Pembekalan pun tidak hanya diberikan oleh para dosen pembina, tetapi juga oleh para alumni ON-MIPA UGM.

“Harapannya prestasi UGM bisa meningkat dari tahun 2016. Tahun lalu kami bisa meraih dua emas, enam perak dan tujuh perunggu, serta dua honourabel mention. Semoga tahun ini perolehan medali lebih banyak dan UGM bisa menjadi Juara Umum ON-MIPA 2017,” kata Agus. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement