Rabu 05 Apr 2017 09:44 WIB

Perkuat Sistem TI, UII Gabung Eduroam

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Dwi Murdaningsih
Konferensi pers UII bergabung dengan Eduroam.
Foto: uii
Konferensi pers UII bergabung dengan Eduroam.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Berbagai upaya terus dilakukan Universitas Islam Indonesia (UII) untuk meningkatkan kualitas layanan institusi. Di antaranya dalam ranah layanan Teknologi Informasi (TI). Melalui Badan Sitem Informasi (BSI), sejak akhir bulan Maret 2017 UII telah resmi tergabung dalam layanan global education roaming (eduroam).

Layanan roaming ini ditujukan bagi pengguna dari kalangan perguruan tinggi dan lembaga riset di seluruh dunia. Eduroam memungkinkan dosen, mahasiswa, dan peneliti untuk mendapatkan akses Internet dengan mudah dan aman ketika berkunjung ke institusi di luar mereka sendiri.

Wakil Kepala BSI UII, Mukhamad Andri Setiawan menuturkan, sampai saat ini baru ada dua kampus di Indonesia yang sudah terhubung ke eduroam. Antara lain UII dan ITB. Adapun saat ini di seluruh kampus UII, layanan eduroam dapat digunakan dengan memanfaatkan koneksi nirkabel yang difasilitasi oleh 700 titik akses. Sampai akhir 2018, jumlah titik akses akan ditambah menjadi seribu.

“Diharapkan dalam waktu dekat, kampus-kampus lain dapat segera menyusul bergabung dalam jejaring eduroam ini,” kata Andri.

Menurutnya sudah ada lebih dari 12 ribu institusi riset dan pendidikan tinggi di seluruh dunia yang tergabung ke dalam jejaring eduroam. Baik di Eropa, Amerika, Australia, Jepang, dan Hongkong.

Penggunaaan eduroam sendiri dilatarbelakangi oleh kebutuhan mobilitas yang tinggi di UII, baik dosen maupun mahasiswa. Begitu juga dengan banyaknya tamu yang datang ke UII dari institusi riset dan pendidikan dari luar negeri. Keberadaan eduroam ini akan semakin memudahkan kegiatan kolaborasi, riset bersama, diskusi, dan kegiatan lainnya.

Andri menambahkan, layanan eduroam dapat dijangkau di seluruh gedung kampus UII. Pengguna dari institusi tamu juga dapat terhubung dengan eduroam dengan cara menghubungkan perangkat mereka seperti laptop dan smartphone menggunakan SSID (Service Set Identifier) eduroam yang tersedia secara luas di UII.

“Pengguna tamu menggunakan kredensial atau akun (username dan password) yang mereka miliki dari institusi masing-masing untuk terkoneksi dalam jaringan UII, dan user UII juga menggunakan kredensial mereka ketika berkunjung ke institusi lain,” kata Andri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement