Jumat 24 Mar 2017 14:10 WIB

Pendaftar Calon Peserta Kuliah Umum Dr Zakir Naik Lebihi Kuota Harian

UMY
Foto: Yusuf Assidiq
UMY

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Antusiasme masyarakat untuk mengikuti kuliah umum (Public Lecture) Dr Zakir Naik di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), DIY, pada 3 April mendatang, sangat tinggi. Hal tersebut ditunjukkan dengan jumlah pendaftar harian yang selalu menembus batas kuota harian dalam waktu kurang dari 30 menit. 

Seperti diungkapkan Tony K Haryadi selaku koordinator sekretariat acara ini, mulai dari hari pertama hingga hari keempat, panitia menerima rata-rata jumlah pendaftar sebanyak 500 - 700 orang hanya dalam waktu 25 menit. Kondisi itu menyebabkan panitia langsung menutup sistem sebelum pukul 15.00 WIB. 

"Karena kuota telah melebihi batas maksimal harian yang telah ditetapkan. Hal tersebut menyebabkan beberapa calon peserta tidak bisa lagi masuk ke sistem dan mendaftarkan diri sebagai calon peserta. Namun sistem pendaftaran masih akan dibuka hingga tanggal 30 Maret 2017," ujar Tony, Jumat (24/3).

 Selanjutnya, imbuhnya, daftar calon peserta yang masuk ke sistem akan diverifikasi oleh panitia dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti kelengkapan isian form pendaftaran, kelengkapan, kesesuaian berkas yang diupload, termasuk motivasi calon peserta. Kolom motivasi ini diperlukan untuk mengetahui latar belakang keikutsertaan peserta. 

Ia menuturkan, motivasi yang kuat dan tujuan yang jelas menjadi salah satu pertimbangan. “Dalam mempertimbangkan peserta yang lolos, tentunya kami melihat dari motivasi yang kuat. Jika motivasinya hanya sekadar ingin melihat, ataupun hanya ingin mendengarkan Dr Zakir Naik, itu bukanlah motivasi yang kuat,” katanya, dalam siaran pers. 

Panitia juga mempertimbangkan sebaran gender, asal, dan latar belakang calon peserta untuk memperoleh keterwakilan yang merata dari seluruh peserta yang akan hadir di Public Lecture Dr Zakir Naik di UMY.

Menurutnya, Public Lecture Dr Zakir Naik di UMY adalah acara akademik yang dilaksanakan di ruang tertutup yaitu di Sportorium UMY yang memiliki kapasitas terbatas dan tidak bisa menampung jumlah peserta yang terlalu besar seperti Tabligh Akbar. “Kapasitas Sportorium yang memungkinkan adalah 6.000 orang dengan mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan peserta serta kelancaran pelaksanaan acara, ” jelas Tony.

Diberitakan sebelumnya, Dr Zakir Naik akan mengadakan Public Lecture dengan tema ‘Religion As An Agent of Mercy and Peace’ pada 3 April mendatang. Ia akan mengisi kuliah umum selama kurang lebih 4,5 jam dimulai pukul 08.00-12.30 WIB. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement