Monday, 3 Jumadil Akhir 1439 / 19 February 2018

Monday, 3 Jumadil Akhir 1439 / 19 February 2018

Berbagai Jalan untuk Kuliah di Turki, Yuk Coba Daftar

Kamis 23 March 2017 15:32 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Mahasiswa Indonesia di Turki.

Mahasiswa Indonesia di Turki.

Foto: ist

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam 15 tahun terakhir, Turki telah menjelma menjadi sebuah negara yang maju dan memiliki perekonomian yang kuat. Pemerintah Turki juga memperhatikan dunia pendidikan. Hal ini ditandai dengan dibangunnya berbagai Universitas dan juga subsidi bagi Universitas Negeri hingga jutaan dolar per Universitasnya. Alhasil, biaya kuliah di Turki menjadi terjangkau.

Ketua Yayasan Pendidikan Indonesia Turki Doddy C Hidayat Putra mengatakan ada beasiswa penuh yang diberikan oleh pemerintah Turki yaitu beasiswa YTB untuk berbagai ilmu umum dan beasiswa dari Diyanet (kementrian agama Turki). Bagi siswa yang memiliki kualifikasi nilai akademik yang bagus, dapat melamar langsung beasiswa tersebut secara online di masing masing situs beasiswa dari pemerintah Turki tersebut.

Ujian Masuk Universitas Negeri di Turki Gunakan Bahasa Indonesia

Beasiswa ini menjangkau biaya kuliah maupun biaya hidup, bahkan pelajar yang menerima beasiswa ini juga mendapatkan juga uang saku. Beasiswa penuh ini adalah untuk siswa yang memiliki kualifikasi untuk mendapatkan beasiswa tersebut dan jumlah penerimanya terbatas.

Selain dengan melalui beasiswa penuh tersebut, ada jalur lain untuk bisa kuliah ke Turki yaitu dengan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi Negeri Turki yang akan dilaksanakan di Indonesia. Salah satunya adalah mengikuti ujian masuk Uludag University yang akan dilakukan di Indonesia pada hari Ahad tanggal 30 April 2017.

Uludag University yang berada di kota Bursa. Bursa adalah kota terbesar ke 4 di Turki. Uludag salah satu universitas negeri terkemuka di Turki. Memiliki kampus 1.700 hektar, 70 ribuan mahasiswa dengan 3.300 mahasiswa asing dari 124 negara.

Dikarenakan adanya subsidi dari pemerintah, maka biaya kuliahnya pun terjangkau, seperti Fakultas Kedokteran Rp 8 jutaan persemester, Fakultas Teknik Rp 4 jutaan, Fakultas Ekonomi Rp 3 jutaan dan sebagainya. Istimewanya, hasil ujian ini diakui dan diterima oleh 73 Universitas lainnya di Turki dan ujian akan menggunakan bahasa Indonesia. Peserta yang lulus ujian akan di terima di Uludag University.

"Skema kuliah di Turki dengan mengikuti ujian ini, walaupun biaya kuliahnya terjangkau, adalah biaya mandiri. Biaya hidup dan lainnya selama di Turki adalah tanggung jawab siswa yang bersangkutan," kata Doddy.

Pendaftaran untuk ujian masuk Uludag University ini di buka secara online di www.kuliahditurki.com dan dibuka hingga tanggal 31 Maret 2017 jam 24.00.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES