Senin 27 Feb 2017 17:27 WIB

FIKES UMM Gandeng Taipei Medical University untuk Program Magister dan Doktoral

Pemberian cenderamata oleh Rektor UMM Fauzan,
Foto: Dokumen
Pemberian cenderamata oleh Rektor UMM Fauzan,

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berkomitmen untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan fakultasnya. Salah satunya dengan bekerja sama dengan Taipei Medical University (TMU) dalam program magister dan doktoral. 

Dengan menggandeng TMU, FIKES UMM bakal mengirimkan dosennya untuk belajar lebih lanjut dalam bidang studi ilmu kesehatan. Hal itu disampaikan saat presentasi beasiswa dari TMU, di Auditorium UMM, Senin (27/2)

Menurut Dekan FIKES UMM, Yoyok Bekti Prasetyo, presentasi beasiswa ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan UMM ke TMU pada November 2016 lalu. TMU merespons positif, sekaligus tertarik bekerja sama dengan UMM dikarenakan sudah ada dosen UMM yang belajar di universitas swasta tertua di  Taiwan tersebut.

Dengan berangkatnya dosen FIKES UMM untuk berlajar  di TMU, maka semakin memperkuat SDM di lingkungan fakultas. Sebanyak 11 dosen nantinya dikirim ke TMU untuk kemudian menempuh studi magister dan doktoral. “Semua terdiri dari program studi Farmasi, Keperawatan dan Fisioterapi,” jelas Yoyok.

Bukan tanpa alasan memilih TMU sebagai tempat tujuan, lanjut Yoyok, ada beberapa kelebihan dan kesamaan antara TMU dan UMM. Konsentrasi TMU sangat jelas yaitu fokus di bidang kesehatan. Entah itu kesehatan masyarakat, keperawatan, fisioterapi,  dan beberapa disiplin ilmu kesehatan lainnya. 

“Selain itu, TMU merupakan universitas dengan peringkat 47 se Asia dan peringkat 122 di QS World University Rangking,” ujar Yoyok, dalam siaran pers.  

Dalam kesempatan tersebut juga dilangsungkan proses wawancara dosen FIKES UMM yang akan melanjutkan studinya di TMU. “Proses wawancara dilangsungkan hari ini juga, dan nantinya yang lolos akan diumumkan dan langsung mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) dari TMU hari ini juga”.

Selain presentasi beasiswa dan rekrutmen, dilangsungkan juga kuliah tamu oleh TMU yang diwakili Prof Ya-Wen Chu dari College of Public Health and Nutrition. Salah satu yang banyak diuraikan Ya-Wen Chiu adalah peralihan dari Millenium Developmental Goals (MDGs) menuju Sustainable Developmental Goals (SDGs). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement