Senin 06 Feb 2017 13:21 WIB

MTCC UMY Hiasi Atap Code dengan Mural

Penjelasan kegiatan acara ‘Tunjukkan Warna Aslimu’,
Foto: Dokumen
Penjelasan kegiatan acara ‘Tunjukkan Warna Aslimu’,

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, DIY, menggelar kegiatan melukis mural berisi pesan antirokok di atas atap rumah warga Kali Code. Kegiatan itu dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya merokok.

Kegiatan berlangsung bertepatan dengan Hari Kanker Sedunia di kawasan Kali Code. Pihak MTCC bekerja sama dengan warga Kalicode, seniman mural dan beberapa mahasiswi dari University Technology of Sidney, mengadakan acara ‘Tunjukkan Warna Aslimu’, yang salah satu rangkaian kegiatannya adalah peluncuran lukisan mural pada atap rumah warga kawasan setempat. 

Agenda ini merupakan bagian dari kampanye Suara Tanpa Rokok untuk terus mengurangi jumlah perokok. Wakil Ketua MTCC UMY, Dianita Sugiyo, mengungkapkan bahwa sebelumnya atap rumah warga kawasan Kali Code ini digunakan sebagai iklan rokok oleh industri rokok, dengan mengecat atap warga sewarna dengan brand color mereka, merah-kuning-biru-hitam. 

Menurut dia, wilayah Code dijadikan sebagai sasaran iklan rokok karena wilayah jembatan ini dinilai sebagai titik kumpul anak-anak muda. Sehingga iklan rokok yang eye catching akan terlihat menarik bagi para pemuda. “Oleh karenanya, kami menggagas kegiatan ini dengan menampilkan mural yang memiliki pesan bahaya rokok," jelas Dianita, dalam siaran persnya, Senin (6/2).

Selain peluncuran mural, rangkaian kegiatan di wilayah Code antara lain pendidikan kesehatan kepada warga tentang bahaya rokok dan Community Empowerment melalui video making yang dipertontonkan kepada warga Code pada Sabtu malam. 

"Kami bersyukur warga juga merespons dengan baik atas kegiatan MTCC ini. Harapan kami agenda yang bertepatan dengan hari kanker sedunia ini akan menjadi memorable event bagi masyarakat, dan dapat memberikan dampak berupa meluasnya kesadaran masyarakat akan bahaya merokok," ujarnya.

Hasil karya mural dapat dinikmati oleh masyarakat dari atas jembatan Kali Code di kawasan Jalan Sudirman Yogyakarta. Mural tersebut, imbuh Dianita, menggunakan cat yang memiliki efek bersinar, sehingga dapat dilihat dengan jelas meski di malam hari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement