Jumat 16 Dec 2016 07:13 WIB

PGSD UMM Perkenalkan Batik kepada Mahasiswa Internasional

Rep: Christiyaningsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Membatik batik tulis. (Republika/Edi Yusuf)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Membatik batik tulis. (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Ujian akhir tidak melulu berhadapan dengan kertas dan menghafal banyak teori. Contohnya Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang mengadakan fashion show dan pameran ketrampilan bernuansa kearifan lokal sebagai ujian akhir semester (UAS) salah satu mata kuliahnya.

Kegiatan ini dikemas dengan konsep Indonesian Pageants atau pagelaran Indoensia. Kegiatan yang berlangsung di Auditorium UMM, Kamis (15/12) ini kemasan tugas UAS mata kuliah pendidikan seni budaya dan ketrampilan.

Menurut dosen pengampu mata kuliah tersebut, Arif Budi Warianto, Indonesian Pageants adalah uji komperehensif mata kuliah. Dalam acara ini, mahasiswa dituntut menyelenggarakan suatu acara yang mengangkat inovasi batik dan ketrampilan tradisional.

Tidak hanya memperkenalkan batik pada mahasiswa UMM saja, tapi juga pada masyarakat internasional. Justru, target utama pagelaran seni ini adalah mahasiswa asing yang sedang belajar UMM. Menurut Arif, dengan bergabungnya mahasiswa asing dalam acara ini, maka mahasiswa PGSD telah melakukan diplomasi budaya pada masyarakat internasional.

 “Nantinya, para mahasiswa asing ini akan menginformasikan ke negara mereka masing-masing tentang batik dan filosofinya,” kata Arif.

Dalam acara yang bertemakan “Batik Warisan Budaya Dunia” ini, Arif juga menyampaikan, Indonesian Pageants merupakan bentuk pengenalan konsep pendidikan terintegrasi dengan seni dan budaya. Ada tiga karakter yang ingin ditanamkan Arif pada mahasiswanya. Pertama, karakter kerjasama, disiplin dan rela berkorban.

“Tiga karakter itu adalah karakter yang ingin dicapai, sehingga mahasiswa dapat mempraktekkan teori yang sudah mereka pelajari dalam kelas,” kata Arif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement