Rabu 07 Dec 2016 13:59 WIB

Penerima Beasiswa LPDP UIN Jakarta Gelar Sosialisasi

Suasana seminar Kupas Tuntas Beasiswa LPDP Bersama Awardee Dunia di kampus UIN Jakarta, Ciputat, Senin (5/12/2016).
Foto: Dok UIN Jakarta
Suasana seminar Kupas Tuntas Beasiswa LPDP Bersama Awardee Dunia di kampus UIN Jakarta, Ciputat, Senin (5/12/2016).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGSEL – Awardee (penerima) beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) dari UIN Jakarta menggelar sosialisasi. Kegiatan bertema “Kupas Tuntas Beasiswa LPDP Bersama Awardee Dunia” itu diadakan di Auditorium Harun Nasution, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Senin (5/12/2016).

Seminar tersebut dihadiri sekitar 1.200 peserta. Mereka adalah mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Misalnya UIN Jakarta, UHAMKA, UMJ, STIE AD, UniversitasPamulang, UniversitasMarcubuana, IIQ, PT IQ, Universitas Gunadarma, Universitas Tama Jagarsa, Universitas Indonesia, Universitas Budi Luhur dan lain-lain. Ada pula mahasiswa dan dosen dari luar Jakarta, sepeti IPB, ITB, UniversitasSuryakancana, UGM danUniversitas Airlangga.

Acara yang didukung Harian Republika itu  membahas tentang  program-program beasiswa LPDP. Seminar menampilkan sejumlah nara sumber. Mereka adalah  Aldo Marciano Kaligis MSc (alumnus the University of Manchester dan mantan ketua PPI United Kingdom), Kenny Fernando (mahasiswa Magister Joint Degree Universitas Indonesia dan Vrije Universiteit Amsterdam), Andri Rizky Putra mahasiswa Magister Bisnis Harvard University), Resty Sandy Tyas  (mahasiswa Magister Ekonomi Adelaide University, Australia), Sabrina Eriyanti (mahasiswa kedokteran spesialis Kardiologi Universitas Indonesia), dan Zulfan Taufik (alumnus Doktoral SPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) dibentukberdasarkan amanah UUD 1945 yang menyatakan bahwasekurang-kurangnya 20 persen Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) adalah untuk fungsi pendidikan. Pemerintahdan DPR RI padatahun 2010 melalui UU Nomor 2 tahun 2010 tentang APBN-P 2010 menyepakati bahwa sebagian dana dari alokasi dana fungsi pendidikan dalam APBN-P tersebut dijadikan sebagai Dana Pengembangan PendidikanNasional (DPPN) yang dikelola dengan mekanisme pengelolaan dana abadi (endowment fund) oleh sebuah Badan Layanan Umum (BLU).

Padatahun 2016 LPDP menargetkan 4.500 penerima beasiswa magister (S2) dan doktor (S3) dengan skema beasiswa magister dan doktor, beasiswa tesis dan disertasi, beasiswa spesialisasi kedokteran, beasiswa afirmasi, serta beasiswa program presidensial di universitas dalam dan luar negeri.Total penerima beasiswa LPDP (awardee) pada tahun 2016 mencapai15.403 awardee.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement