Selasa 22 Nov 2016 00:20 WIB

Keren, UGM Kalahkan Harvard di Kompetisi Arbitrase Internasional

Kampus Universitas Gadjah Mada
Foto: Republika/Musiron
Kampus Universitas Gadjah Mada

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai delegasi UGM berhasil mengalahkan Harvard Law School untuk menjadi juara umum kompetisi internasional Foreign Direct Investment International Arbitration Moot (FDI) di Argentina.

"UGM berhasil meraih gelar juara umum atau Overall Highest Team Ranking berdasarkan penilaian pada penampilan di oral rounds serta written memorials," kata Dekan Fakultas Hukum UGM, Sigit Riyanto, saat menerima delegasi UGM di Kampus Fakultas Hukum UGM, Yogyakarta, Senin.

Ia menjelaskan, kegiatan yang diselenggarakan di Universidad Buenos Aires, Argentina, pada 3-6 November lalu itu juga diikuti oleh beberapa kampus ternama lainnya, seperti Paris Bar School, King's College London, dan NALSAR University of Law.

Menurut dia, hasil tersebut merupakan prestasi tertinggi pertama kali yang berhasil dicapai dalam ajang FDI itu.

Sebab FDI merupakan kompetisi arbitrase semu paling bergengsi di kancah internasional dalam bidang hukum investasi internasional.

"Para mahasiswa ini telah mengharumkan nama UGM dan juga Indonesia di tingkat internasional dalam kompetisi yang diikuti oleh hampir seluruh sekolah hukum terkemuka di dunia," katanya.

Pada tahun ini, kata Sigit, kompetisi mengambil tema sengketa mengenai investor asing yang merasa investasinya diekspropriasi (pengambilan atas aset orang lain) oleh pemerintah negara. Masing-masing tim harus mempersiapkan dua memorials. Satu untuk pihak investor sebagai claimant dan satu lagi untuk pihak pemerintah sebagai respondent.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement