Selasa 01 Nov 2016 15:41 WIB

Tingkatkan Kualitas Mahasiswa, Unsada Gandeng Pemerintah Jepang

Red: M Akbar
 Menwa SGU menjalin kerja sama dengan Menwa Bushido Unsada.
Foto: sgu
Menwa SGU menjalin kerja sama dengan Menwa Bushido Unsada.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Darma Persada (Unsada) menerima kunjungan dari Gubernur Prefektur Saitama, Jepang, dan Minnan Normal University, Cina. Kunjungan ini adalah sebagai bentuk jalinan kerja sama yang baik. Melalui kerja sama ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas mahasiswa di Unsada sehingga menjadi SDM yang andal.

Gubernur Prefektur Saitama, Kiyoshi Ueda hadir bersama dengan para pengusaha dari Prefektur Saitama. Di dalam kesempatan ini, Unsada melaksanakan diskusi program kerja dengan pihak Saitama dan peninjauan ke Laboratorium Teknik dan Bahasa. Setelah itu, sebagai tanda persahabatan, Kiyoshi Ueda dan Rektor Unsada Dadang Solihin melakukan penanaman pohon di lingkungan kampus.

Setelah itu, Minnan Normal University juga datang berkunjung ke Unsada. Kedatangan pihak Minnan Normal University disambut dengan meriah oleh mahasiswa-mahasiswi jurusan Sastra Cina Unsada di Lobby Rektorat dengan penyajian lagu gabungan Indonesia dan Cina.

Pada hari Sumpah Pemuda, Unsada melaksanakan upacara yang digelar di Plaza Unsada ini dihadiri oleh seluruh civitas akademika.

Rektor Unsada, Dadang Solihin di Jakarta, menyatakan betapa besarnya peran pemuda dalam perjalanan bangsa ini. Hal itu dapat dilihat dari salah satu tonggak sejarah yang ditorehkan kaum muda di negeri ini pada 88 tahun lalu dalam peristiwa Sumpah Pemuda.

"Akan tetapi, pemuda masa kini dihadapkan pada tantangan yang berbeda dengan pemuda masa lalu, yaitu globalisasi tanpa batas negara. Apakah kaum muda Indonesia masih bersemangat dan menjaga nasionalismenya? Nasionalisme pada masa kini, sepatutnya dipandang dari bagaimana pemuda bisa berjiwa kreatif, berjiwa keilmuan, dan berjiwa kepemimpinan. Hal itulah yang dibutuhkan dalam menjawab tantangan globalisasi yang tak memandang batas negara," katanya.

"Tetap semangat, junjung tinggi tanah air, bangsa, dan bahasa persatuan kita," tegasnya.

Unsada adalah universitas swasta yang didirikan pada tahun 1986 oleh Perhimpunan Alumni dari Jepang (PERSADA) sebagai monumen hidup dari kerja sama yang baik antara Indonesia dan Jepang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement