Senin 24 Oct 2016 14:48 WIB

UIN Luncurkan Komik Religi

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Foto: uin-suka.ac.id
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pusat Studi Islam dan Transformasi Sosial Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, meluncurkan komik religi remaja yang berjudul Si Gun Pingin Jihad. Peluncuran komik religi remaja itu akan dilakukan di tiga titik yaitu di Yogyakarta pada 22-26 Oktober, Solo 27 Oktober, dan Mataram NTB 29 Oktober 2016.

Direktur CISForm, Muhammad Wildan menerangkan komik Si Gun Pingin Jihad dan Rindu Khilafah yang diangkat dari hasil riset Pusat Studi CISForm ini merupakan salah satu upaya untuk mengatasi berbagai penyebaran radikalisasi ideologi ultra-konservatif serta mendorong terbentuknya masyarakat yang moderat.

Menurut dia, komik itu mengajak remaja Muslim untuk berjihad secara kontekstual dan positif dengan memaksimalkan potensinya dalam belajar, berprestasi, dan peduli terhadap masalah-masalah sosial di sekitar mereka. Ia mengatakan, pemilihan tiga kota tersebut karena merupakan kota pusat pendidikan Islam dengan dinamika yang cukup beragam.

"Sebagaimana diketahui, beberapa studi menunjukkan bahwa usia remaja merupakan usia rentan terhadap godaan dari kelompok-kelompok konservatif dan bahkan ultra konservatif yang berpotensi melakukan tindakan kekerasan atas nama agama," terang Wildan.

Ia menambahkan, mahasiswa, siswa SLTA/santri pesantren, dan remaja masjid adalah generasi muda yang sering mempunyai idealisme tinggi termasuk semangat dalam beragama Islam. Di usia anak-anak muda yang akrab dengan gadget dan smartphone saat ini, kata dia, biasanya ideologi ultra-konservatif mudah disebarkan.

"Komik ini merupakan counter narrative yang belum banyak dilakukan oleh para pemangku kepentingan untuk mereduksi kemungkinan tersebarnya ideologi ekstrem," papar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement