Thursday, 10 Sya'ban 1439 / 26 April 2018

Thursday, 10 Sya'ban 1439 / 26 April 2018

Pertamina Foundation Buka Beasiswa Sobat Bumi

Kamis 06 October 2016 18:41 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih

Beasiswa

Beasiswa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertamina Foundation membuka pendaftaran program Beasiswa Sobat Bumi yang berfokus bidang pendidikan dan lingkungan hidup di empat perguruan tinggi. Beasiswa ini akan diberikan pada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan kepedulian terhadap lingkungan.

Ketua Pertamina Foundation, Umar Fahmi menuturkan, beasiswa ini menyasar mahasiswa jenjang strata I di empat perguruan tinggi di Indonesia. "Pertamina berkomitmen untuk terus melanjutkan program ini karena kami berharap akan semakin banyak mahasiswa berprestasi yang dapat menjadi agen perubahan dalam masyarakat, khususnya di bidang lingkungan," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (6/10).

Ia menjelaskan, Beasiswa Sobat Bumi tidak hanya memberikan bantuan dana untuk pendidikan akademik. Namun, juga mengalokasikan anggaran program inisiatif yang diusulkan oleh penerima Beasiswa Sobat Bumi di seluruh Tanah Air. Mereka, tergabung dalam Komunitas Sobat Bumi Indonesia.

Umar menyebut, setiap penerima Beasiswa Sobat Bumi mendapat fasilitas untuk bertemu membahas inisiatif pemecahan masalah lingkungan yang ada.

Ia merinci, program ini terbuka bagi seluruh mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi mitra Pertamina Foundation, yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Airlangga (Unair). Ia menyebut, program ini menargetkan 15 orang dari masing-masing perguruan tinggi. Para penerima beasiswa, ia mengatakan, akan mendapat bantuan dana mengikuti kegiatan pelatihan kepemimpinan yang peduli dan berbudaya ramah lingkungan.

"Kami percaya bahwa kesuksesan mahasiswa tidak hanya tercermin dari kelancaran menyelesaikan studi di bangku kuliah tapi juga dari karakter kepemimpinan yang kuat yang akan membawa perubahan positif di masyarakat," tutur Umar.

Ia menjelaskan, calon peserta penerima beasiswan wajib menulis karya bertema 'Aksi untuk Pelestarian Lingkungan Negeriku'. Serta, pengalaman dalam organisasi sosial dan pelestarian lingkungan. Pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi dimulai pada 5-16 Oktober 2016. Proses pendaftaran akan dilakukan secara daring melalui http://www.beasiswa.pertaminafoundation.org

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES