Selasa 04 Oct 2016 16:46 WIB

Mahasiswa Kembangkan Telepon Rakyat tanpa Pulsa

Revisi Peraturan Telekomunikasi: Warga melintas di telepon umum di salah satu mall di Jakarta, Jumat, (27/2).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Revisi Peraturan Telekomunikasi: Warga melintas di telepon umum di salah satu mall di Jakarta, Jumat, (27/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Mahasiswa Politeknik Aceh, Banda Aceh, mengembangkan sebuah telepon rakyat yang bisa digunakan tanpa pulsa. Nomor teleponnya dapat diminta sesuai keinginan penelepon.

Karya mahasiswa Politeknik Aceh bernama Muhammad Alfi tersebut ditampilkan di Pameran Pembangunan dan Piasan Seni Banda Aceh 2016 di Taman Sari Banda Aceh, Selasa (4/10).

Muhammad Alfi mengatakan, telepon rakyat adalah penyedia layanan gratis untuk voice over internet protocol (IP) atau VoIP dari jaringan komunikasi berbasis IP. "Alat ini dibangun menggunakan Raspberry PI atau komputer mini sebagai sentral teleponnya atau sebagai server dari telepon rakyat sendiri," ujar Muhammad Alfi yang karyanya dipamerkan di anjungan BPM Kota Banda Aceh.

Muhammad Alfi menyebutkan, dalam bahasa yang sederhana, VoIP adalah teknik untuk bertelepon menggunakan jaringan internet. Serta teknologi yang dikembangkan memungkinkan untuk membangun sentral telepon sendiri maupun pesawat teleponnya.

Ia mengatakan, teknologi VoIP menjadi dasar dari Next Generation Network (NGN) maupun jaringan seluler 4G yang digunakan oleh operator telekomunikasi masa datang. Teknik VoIP juga diadopsi oleh rekan-rekan amatir radio atau Orari sebagai relai komunikasi jarak jauh menggunakan jaringan internet. Teknik VoIP di radio amatir ini dikenal dengan eQSO, kata Muhammad Alfi.

Muhammad Alfi menyebutkan, dirinya membangun sentral telepon rakyat, tidak banyak menghabiskan biaya. Dalam membangun telepon rakyat, dirinya dibantu Zaid Haritsah yang juga mahasiswa Politeknik Aceh. "Kami menggunakan komputer mini yang sering disebut Raspi dan menggunakan beberapa aplikasi open source sebagai pendukungnya," papar Muhammad Alfi.

Ia mengatakan, dengan teknologi tersebut, siapa saja dapat berkomunikasi satu sama lain telepon tanpa batas waktu dan biaya. Uniknya lagi, siapa pun bisa meminta nomornya sendiri sebagai nomor telepon. Bisa nomor cantik seperti tahun lahir dan nomor lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement